Abstract:
RAHMI YULIA, NIM 1630103071 judul: “EVALUASI MADRASAH ALIYAH SWASTA PLUS PADANG GANTING”. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2020. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah permasalahan pada Madrasah Aliyah Swasta Plus(MAS Plus) Padang Ganting mempunyai minat yang sedikit untuk sekolah disana dan banyak mempunyai kekurangan mulai dari akreditasi sekolah (madrasah), sarana prasaranaa yang kurang memadai, tenaga pendidik dan tenaga administrasi yang kurang, peserta didik yang jumlahnya berkurang dari tahun ke tahun. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah jenis penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif model logik. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang penulis gunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dari veritifikasi. Keabsahan data yang penulis gunakan adalah president observation (ketekunan pengamatan), triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Hasil temuan penelitian menunjukkan (1) Input (Masukan), a) Kualitas rekrutmen peserta didik di Madrasah Aliyah Swasta Plus (MAS Plus) Padang Ganting tidak melakukan sistem seleksi, akan tetapi madrasah menggunakan sistem promosi. b) Kualitas rekrutmen tenaga pendidik di Madrasah Aliyah Swasta Plus (MAS Plus) Padang Ganting standar minimal penerimaan pegawai lulusan sarjana (SI) akan tetapi madrasah juga mempertimbangkan berbagai hal salah satunya gaji.c) Kontribusi yang dilakukan Madrsah Aliyah Swasta Plus (MAS Plus) Padang Ganting dilakukan secara kontiniu/ secara terus menerus. Kontribusi yang didapatkan dari dana bos dan yayasan kurang memenuhi sesuai kebutuhan yang dibutuhkan madrasah, sehingga madrasah juga berkontribusi dengan masyarakat serta alumni. (2) Proses (Kegiatan), a) Kurikulum yang diterapkan di Madrasah Aliyah Swasta Plus (MAS Plus) Padang Ganting menerapkan kurikulum 2013, dalam pelaksanaannya masih kurang yakni sebagian tenaga pendidik dan peserta didik masih belum paham dengan penerapannya, serta sarana dan prasarana seperti buku dan komputer kurang mendukung, b) Kegiatan belajar mengajar di Madrasah Aliyah Swasta Plus (MAS Plus) Padang ganting cukup baik, hal ini dilihat dari prestasi yang diperoleh peserta didiknya yakni seperti juara I olimpiyade bidang studi pada tingkat madrasah, studi banding ke Malaysia dan Singapore, dan Juara III Pesona Budaya Minang Kabau. (3) Output (Prestasi lulusan) di Madrasah Aliyah Swasta Plus (MAS Plus) Padang ganting dari tahun ke tahunnya menurun hal inidisebabkan karena beberapa faktor, yakni faktor internal dan eksternalnya.. (4) Outcome (Hasil) Peran alumni di Madrasah Aliyah Swasta Plus (MAS Plus) Padang Ganting sangat baik, ini dibuktikan dari partisipasi yang diberikan madrasah dalam pembangunan madrasah secara finansial maupun non finansial