Abstract:
ZESNAWATI. NIM, 1630103101, judul skripsi: “Penerapan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah (MPMBM) di MAN II Pesisir Selatan”. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2020.
Peneliti fokus terhadap penerapan manajemen dalam meningkatkn mutu pendidik, diperoleh beberapa data sebagai berikut: (1) banayak guru yang melakukan pelatihan dalam rangka meningkatkan kompetensinya (2) banyak siswa yang berprestasi akibat dampak dari guru yang berkompetensi. selalu melakukan monitoring dalam meningkatkan kompetensi guru, mengenai klasifikasi akademik, guru mengampu pelajaran semuanya sudah sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Dan absensi guru jarang yang tidak hadir maupun telambat kecuali ada keperluan yang tidak bisa di tinggalkan, sekarang mengenai absensi sudah dibantu dengan absensi elekronik, yang dicatat jam kedatangannya dan jam pulangnya.Mutu yang Bagus dari output yaitu mutu lulusan siswa yang mengalami peningkatan dari tahun ketahun.
Penelitian ini merupakan peneitian dengan menggunakan metode kualitatif. Penelitian dengan metode kualitatif deskriptif menekankan analisis proses dari berfikir secara induktif yang berkaitan dengan dinamika hubungan antar fenomena yang diamati, dan senantiasa menggunakan logika ilmiah. Instrumen penelitian pada penelitian ini adalah berupa hand phone, buku catatan, pena dan pensil. Hand phone digunakan sebagai alat perekam suara dari informan dan pengumpulan data apabila tidak tercatat semuanya oleh peneliti. Sedangkan buku catatan, pena dan pensil digunakan untuk mencatat informasi yang didapatkan dari informan. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Wakil Kesiswaan, waka kurikulum, tenaga kependidikan, dan siswa.
Pelaksanaan MPMBM adalah melaksanakan rencana program-program manajemen berbasis sekolah yang telah direncanakan pada tahap pertama yakni tahap planning. Dalam melaksankan rencana program-program MBM tersebut maka fungsifungsi terkait hendaknya memanfaatkan sumber daya secara maksimal, efektif dan efisien.Pembinaan siswa di MAN II Pesisir Selatan melalui berbagai kegiatan yang direncanakan yaitu: melalui kegiatan OSIM, pramuka, belajar kelompok, pembinaan kesenian dan olahraga, mengikut pada acara lomba baik tingkat kabupaten maupun tingkat provinsi, serta mengadakan pelajaran tambahan di luar kelas.Kemudian dampak MPMBM dirasakan pihak sekolah dilaksanakan dengan senang dan puas karena guruguru di madrasah ini pada saat pembelajaran selalu menggunakan media menarik. para siswa merasa diperlakukan dengan baik dan mudah menerima penjelasan bapak-ibuk guru.