Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | MIRA DESWITA | |
dc.date.accessioned | 2020-12-16T08:30:23Z | |
dc.date.available | 2020-12-16T08:30:23Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2020-09-14 | |
dc.identifier.isbn | 1630103052 | |
dc.identifier.isbn | 1630103052 | |
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.22000490 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/qz3xzNaERpPjo6ZL2fjcDtP0tN6Esjl.pdf | |
dc.description.abstract | MIRA DESWITA, NIM. 1630103052, Judul Skripsi: “Upaya Kepala Sekolah dalam Mengatasi Konflik Kesiswaan di MTsN 9 Agam”, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah upaya dan langkah-langkah yang dilakukan kepala sekolah dalam mengatasi konflik kesiswaan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya konflik kesiswaan di MTsN 9 Agam, 2) Bagaimana upaya kepala sekolah dalam mengatasi konflik kesiswaan di MTsN 9 Agam, 3) Apa kendala kepala sekolah dalam upaya mengatasi konflik siswa di MTsN 9 Agam?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan apa saja yang menyebabkan terjadinya konflik kesiswaan di MTsN 9 Agam, 2) Untuk mendeskripsikan upaya kepala sekolah dalam mengatasi konflik kesiswaan di MTsN 9 Agam, 3) untuk menjelaskan tentang kendala yag dialami kepala sekolah dalam upaya mengatasi konflik siswa di MTsN 9 Agam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan analisis kualitatif dan mengambil lokasi di MTsN 9 Agam. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kesiswaan, Guru BK, dan 2 orang siswa yang pernah bermasalah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alat bantu yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu berupa hand phone, buku catatan, dan pulpen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik penjaminan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ketekunan pengamatan, trianggulasi, dan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya kepala sekolah dalam mengatasi konflik kesiswaan di MTsN 9 Agam adalah dengan memberikan kewenangan terlebih kepada wali kelas, guru BK, dan Wakil Kesiswaan. Apabila konflik siswa yang terjadi tidak dapat dibenahi oleh pihak diatas, maka kepala sekolah akan melakukan pemanggilan langsung kepada siswa tersebut, lalu mendengar permasalahan yang terjadi dari siswa tersebut, lalu memberikan masukan dan nasehat. Dan jika nasehat yang diberikan tidak memberikan efek positif, maka akan dilakukan pemanggilan orangtua. Dari penelitian yang dilakukan, upaya kepala sekolah dalam mengatasi konflik siswa di MTsN 9 Agam telah berjalan baik dan memberi efek jera kepada siswa yang akibatnya siswa tidak lagi mengulangi masalah yang sama dan setiap konflik siswa yang terjadi dapat diminimalisir dan diatasi dengan cepat | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.source | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id:443/batusangkar/AmbilLampiran?ref=109611&jurusan=&jenis=Item&usingId=false&download=false&clazz=ais.database.model.file.LampiranLain | |
dc.subject | Manajemen Konflik | |
dc.subject.ddc | 658.405 | |
dc.subject.ddc | 658.405 | |
dc.title | UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENGATASI KONFLIK KESISWAAN DI MTsN 9 AGAM | |
dc.type | Skripsi |