Abstract:
AHMAD SOPI. NIM, 1630103003, Judul Skripsi: “Implementasi Manajemen Tenaga Kependidikan dalam Meningkatkan Kinerja Tata Usaha di SMAN 1 Batusangkar”. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2020. Pokok permasalahan dalam penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya pengelolaan tenaga kependidikan di SMAN 1 Batusangkar khususnya di bagian tata usahanya. Dari kenyataan yang ada masih banyak tenaga kependidikan di SMAN 1 Batusangkar yang belum maksimal dalam bekerja, sehingga masih banyak pekerjaan-pekerjaan yang lambat diselesaikan dan dilakukan secara manual. Kemudian dalam penempatan tenaga kependidikan khususnya di tata usaha masih belum dilakukan secara baik karena masih ada tenaga kependidikan yang rangkap jabatan dan ketidaksesuaian antara latar belakang pendidikan dengan bidang atau jabatan yang di tempatinya. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis penelitian kualitatif. Penelitian dengan metode kualitatif deskriptif menekankan analisis proses dari berfikir secara induktif yang berkaitan dengan dinamika hubungan antar fenomena yang diamati dan senantiasa menggunakan logika ilmiah. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri yang mana dalam pengumpulan data peneliti dibantu dengan alat pengumpulan data seperti hand pone, pena dan buku catatan. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, petugas perpustakaan dan salah seorang staff tata usaha. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data dan penyajian data. Teknik penjaminan keabsahan data yang digunakan dalam penelian ini adalah triangulasi sumber dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan untuk meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di SMAN 1 Batusangkar dengan membuat dan menyusun program kerja tenaga kependidikan, kemudian membagi tugas masing-masing tenaga kependidikan tersebut sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki. Jadi setiap pekerjaan yang ada akan dikerjakan oleh masingmasing tenaga kependidikan tersebut berdasarkan tugas dan fungsinya yang telah ditetapkan sebelumnya. (2) Pelaksanaan manajemen tenaga kependidikan dilakukan dengan cara menetapkan tenaga kependidikan pada setiap bidang pekerjaan sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki, akan tetapi masih banyak tenaga kependidikan yang belum menguasai pekerjaan mereka di karenakan kurangnya skill dan kemampuan mereka terutama dalam penggunaan komputer. (3) Pengawasan tenaga kependidikan dilakukan oleh kepala sekolah dan dilakukan setiap hari kerja.