Abstract:
ERINDRA VERLINGGA, NIM. 1630107009. Judul Skripsi: “PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF MENGGUNAKAN MODEL LEARNING CYCLE 7E BERBASIS ANDROID PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X SMA/MA/SMK”. Jurusan Tadris Fisika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2020.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya minat peserta didik dalam mengikuti pelajaran. Hal ini dikarenakan kurangnya sumber belajar yang dapat memotivasi peserta didik serta sulitnya dalam memahami fenomena fisika secara nyata. Untuk itu diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat membuat peserta didik aktif dalam pembelajaran. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi terkini yang akrab gengan dunia mereka seperti Android. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dan praktikalitas dari modul interaktif yang dikembangkan menggunakan model Learning Cycle 7E berbasis android pada materi Usaha dan Energi kelas X SMA/MA/SMK.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan menurut Thiagarajan, dkk yang terdiri dari 4 tahapan yaitu Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), penyebaran (Disseminate). Pada pengembangan modul interaktif ini hanya menggunakan tiga tahapan pengembangan saja yaitu pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Pengembangan modul interaktif menggunakan model Learning Cycle 7E berbasis Android pada materi Usaha dan Energi kelas X SMA/MA/SMK. Modul ini diujicobakan secara terbatas di kelas X MIPA 4 SMA 2 Solok untuk mendapatkan respon kepraktisan dari modul yang dikembangkan.
Hasil penelitian validasi pengembangan modul yang diberikan oleh 2 orang dosen dan 1 orang guru fisika menunjukan nilai sebesar 85,6 % dengan kriteria sangat valid, kemudian dilakukan penelitian kepada peserta didik kelas X MIPA 4 di SMA 2 Solok untuk mengetahui kepraktisan modul tersebut. Nilai praktikalitas yang diperoleh adalah sebesar 91% yang menunjukan arti bahwa modul interaktif tersebut sangat praktis digunakan oleh peserta didik. Nilai praktikalitas guru memiliki nilai sebesar 97,7 % yang menunjukkan arti bahwa modul ini sangat praktis digunakan oleh guru saat pembelajaran.