Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | NOVELIA RACHMAWATI | |
dc.date.accessioned | 2020-12-16T08:30:53Z | |
dc.date.available | 2020-12-16T08:30:53Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2020-09-11 | |
dc.identifier.isbn | 1630107024 | |
dc.identifier.isbn | 1630107024 | |
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.22000480 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/byzOuF8BRabpUoaDs8vIHD3s1rEx41R1.pdf | |
dc.description.abstract | Novelia Rachmawati. NIM. 1630107024. Judul skripsi: “PEMANFAATAN VIDEO TRACKER DALAM PENGEMBANGAN EMODUL BERBASIS POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) PADA MATERI GERAK PARABOLA KELAS X SMA/MA”, Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2020. Penelitian ini bertolak dari permasalahan yaitu kurangnya bahan ajar dan buku paket yang disediakan sekolah hanya dapat digunakan saat pembelajaran berlangsung, yang mana hal ini menjadi salah satu keterbatasan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Akibatnya peserta didik cenderung terfokus pada buku teks sehingga sulit bagi mereka mencari contoh-contoh pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari. Mengingat tuntutan kurikulum 2013 yang menuntut peserta didik mandiri dan aktif. Belum adanya media pembelajaran penunjang dan bahan ajar khususnya untuk materi gerak parabola, mendorong peneliti untuk mengembangkan bahan ajar berbentuk modul elektronik menggunakan aplikasi Flipbuilder berbasis POE dengan pemanfaatan video Tracker. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas dari e-modul berbasis POE yang telah dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Reseach and Development) yang terdiri atas tiga tahap yaitu : (1) Tahap pendefinisan (define), penelitian diawali dengan wawancara dengan guru fisika kelas X, menganalisis silabus Fisika kelas X, menganalisis bahan ajar yang digunakan kelas X di SMAN 1 X Koto Diatas dan mereviuw literatur tentang Emodul Berbasis POE, (2) Tahap perancangan (design) terdiri dari: (a) Perancangan e-mdul berbasis POE yang diawali dengan melakukan identifikasi dan analisis judul, membuat Flowchart (bagan alur), pembuatan story board, pengambilan video atau syuting, melakukan proses editing di Aplikasi Flipbuilder dan yang terakhir finishing, (3) Tahap pengembangan develop, uji kelayakan emodul berbasis POE dilakukan melalui tahap validasi yaitu validasi e-modul berbasis POE, validasi angket respon praktikalitas guru dan peserta didik dan untuk tahap praktikalitas melibatkan guru fisika dan 12 orang peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 1 X Koto Diatas. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif. Hasil dari analisis menggambarkan kualitas produk yang telah peneliti kembangkan. Berdasarkan hasil penelitian e-modul berbasis POE dengan pemanfaatan video tracker dapat dikemukakan sebagai berikut: (1) Hasil validasi e-modul berbasis POE dengan pemanfaatan video tracker sangat valid dengan persentase 88,2%. (2) Hasil uji coba praktikalitas yang dilakukan terhadap e-modul berbasis POE dengan pemanfaatan video tracker menunjukkan telah memenuhi kriteria praktikalitas dengan nilai 91,6% berdasarkan angket respon guru dan 87,9% berdasarkan angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis POE dengan pemanfaatan video tracker dapat digunakan dan dilaksanakan dalam proses pembelajaran. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.source | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id:443/batusangkar/AmbilLampiran?ref=109600&jurusan=&jenis=Item&usingId=false&download=false&clazz=ais.database.model.file.LampiranLain | |
dc.subject | Fisika | |
dc.subject.ddc | 530 | |
dc.subject.ddc | 530 | |
dc.title | PEMANFAATAN VIDEO TRACKER DALAM PENGEMBANGAN EMODUL BERBASIS POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) PADA MATERI GERAK PARABOLA KELAS X SMA/MA | |
dc.type | Skripsi |