Abstract:
Monika Nesti Arvinda, NIM :1630107018, Judul Skripsi “Pengembangan E-Modul Berbasis Scaffolding dengan Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment (MOODLE) pada Materi Momentum Impuls dan Getaran Harmonis Kelas X SMA/MA”, Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2020.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya minat belajar siswa terhadap materi fisika dan juga bahan yang kuarang bervariasi sehingga pada saat pembelajaran berlangsung peserta didik merasa bosan dan mereka kurang memperhatikan guru. Disamping itu, mereka sulit memahami materi fisika terutama pada materi momentum impuls dan getaran harmonis. Bahan ajar yang tersedia juga kurang membantu siswa untuk belajar secara mandiri dikarenakan guru hanya bersumber kepada buku paket tanpa ada bahan penunjang lainnya seperti modul. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti melakukan penelitian Emodul berbasis scaffolding dengan moodle pada materi momentum impuls dan getaran harmonis.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan 4-D (define, design, develop, dan desseminate). Namun pada penelitian ini hanya dilakukan 3 tahap saja yaitu pendefinisian (define), design dan develop. Pada tahap define didapatkan gambaran umum sekolah, seperti proses pembelajaran, kendala yang dihadapi di dalam kelas dan karakteristik peserta didik. Pada tahap design, hasil dari tahap define digunakan untuk merancang bahan ajar berupa E-modul berbasis scaffolding dengan moodle dalam pembelajaran fisika. Adapun tahapnya yakni pemilihan media, pemilihan format, rancangan awal E-modul berbasisis scaffolding, pemograman dan finishing. Pada tahap ketiga yaitu develop, untuk melihat validitas dan praktikalitas dari bahan ajar E-modul berbasis scaffolding dengan moodle. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas bahan ajar E-modul berbasis scaffolding dengan moodle pada materi momentum impuls dan getaran harmonis yang diperoleh adalah 93,91% dengan ketegori sangat valid. Hasil praktikalitas bahan E-modul berbasis scaffolding dengan moodle yang diperoleh dari hasil angket respon siswa 85,21% dengan kategori sangat praktis. Hasil angket guru terhadap praktikalitas E-modul berbasis scaffolding dengan moodle diperoleh hasil 96,42% dengan kategori sangat praktis.