Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | MAISULTHANI HERMIN | |
dc.date.accessioned | 2020-12-16T08:31:02Z | |
dc.date.available | 2020-12-16T08:31:02Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2020-09-11 | |
dc.identifier.isbn | 1630107015 | |
dc.identifier.isbn | 1630107015 | |
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.22000477 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/bSUbRo5G5wCShxDAqU2Qz9xQDHrLY7XG.pdf | |
dc.description.abstract | Maisulthani Hermin, NIM: 1630107015, Judul Skripsi: “Pengembangan E-Modul Berbasis Discovery Learning Menggunakan Software Exe-Learning Pada Materi Momentum dan Impuls Kelas X di SMA/MA”. Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2020. Pokok permasalahan yang ditemui di SMAN 2 Solok adalah peserta didik masih kurang tertarik pada pelajaran fisika karena menurut mereka fisika adalah ilmu yang rumit, ini dikarenakan bahan ajar yang digunakan berupa buku paket atau buku teks yang ada pada perpustakaan, dan pada saat pembelajaran berlangsung pembelajaran masih terpusat pada guru, serta guru kurang kreatifnya dalam merancang bahan ajar. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti merancang sebuah media pembelajaran berupa E-Modul berbasis Discovery Learning Menggunakan Software Exe-Learning pada materi momentum dan impuls Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan 4-D (define, design, dan develop). Pada penelitian ini terdiri dari 3 tahap saja yaitu (1) tahap pendefinisian (define) dilakukan untuk mendapatkan gambaran umum di sekolah, mengenai bagaimana proses pembelajaran, kendala yang dihadapi didalam kelas dan karakteristik peserta didik. Kegiatan dimulai dari wawancara, menganalisis silabus pembelajaran fisika Kelas X SMA Semester II, menganalisis Bahan Ajar yang dipakai guru fisika di kelas X SMA N 2 Solok sebagai sumber belajar peserta didik dan mereview literatur tentang media pembelajaran yang digunakan di sekolah tersebut, (2) tahap design, hasil dari tahap define digunakan untuk merancang design E-Modul Berbasis Discovery Learning menggunakan Software Exe-Learning dalam pembelajaran fisika. Adapun tahapnya yakni pembuatan garis besar program media (GBPM), Pembuatan flowchart, Pengumpulan objek rancangan berupa teks materi, soal dan jawaban sesuai dengan rancangan produk, dan pengumpulan background, gambar. Setelah semua bahan terkumpul, dilakukan Programming, dan terakhir Finishing akhir dari kegiatan finishing adalah packageeing, yaitu program dikemas dalam sebuah modul elektronik. (3) tahap develop, untuk melihat validitas, dan praktikalitas E-Modul Berbasis Discovery Learning menggunakan Software Exe-Learning dalam pembelajaran fisika Data hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Melalui uji validitas EModul Berbasis Discovery Learning menggunakan Software Exe-Learning yang dihasilkan telah valid menurut pakar dengan persentasenya 77%. 2) Hasil Praktikalitas E-Modul Berbasis Discovery Learning menggunakan Software ExeLearning yang telah dikembangkan menunjukkan hasil yang sangat praktis dengan pesentase untuk angket respon guru sebesar 95% sedangkan pessentase untuk angket respon peserta didik sebesar 84%. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.source | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id:443/batusangkar/AmbilLampiran?ref=109597&jurusan=&jenis=Item&usingId=false&download=false&clazz=ais.database.model.file.LampiranLain | |
dc.subject | Penelitian Fisika | |
dc.subject.ddc | 530.072 | |
dc.subject.ddc | 530.072 | |
dc.title | PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN SOFTWARE EXE-LEARNING PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X DI SMA / MA | |
dc.type | Skripsi |