Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | DARMI PUTRI | |
dc.date.accessioned | 2020-12-16T08:31:04Z | |
dc.date.available | 2020-12-16T08:31:04Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2020-09-11 | |
dc.identifier.isbn | 14107006 | |
dc.identifier.isbn | 14107006 | |
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.22000476 | |
dc.identifier.other | 02.22000790 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id:443/batusangkar/AmbilLampiran?ref=109596&jurusan=&jenis=Item&usingId=false&download=false&clazz=ais.database.model.file.LampiranLain | |
dc.description.abstract | DARMI PUTRI NIM. 14 107 006, Judul Skripsi “Pengaruh Model Pembelajaran Berbantuan Kartu Soal Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA SMA N 1 BATUSANGKAR”, Jurusan Tadris Fisika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2020. Hasil belajar Fisika siswa khususnya kelas X MIPA SMA N 1 Batusangkar masih tergolong rendah, hanya sebagian siswa aktif ketika pembelajaran berlangsung, karena pada proses pembelajaran berlangsung guru tidak mengajak siswa untuk ikut berpartisipasi. Hal tersebut mangakibatkan pembelajaran yang dilakukan belum efektif sehingga hasil yanng didapatkan belum maksimal. Dalam pembelajaran fisika tidak bisa dengan diajarkan secara langsung, siswa akan paham dengan konsep yang mereka temukan langsung. Jadi guru bisa lebih ditekankan kepaada siswanya supaya bisa kritis saat pelajaran berlangsung. Berdasarkan tujuan penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran Treffinger berbantuan kartu soal terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi Hukum Newton tentang Gerak mendapatkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Peneliti memutuskan untuk mengambil penelitian experimen semu, dengan rancangan posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA N 1 Batusangkar sebanyak 5 kelas yang terdiri dari 180 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, sampel yang terpilih adalah kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes hasil belajar untuk ranah kognitif yang terdiri dari tes objektif sebanyak 20 soal. Sementara data ranah afektif dan psikomotor siswa didapat menggunakan lembar observasi yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa rata-rata nilai akhir siswa pada ranah kognitif kelas eksperimen yaitu 84 dengan persentase ketuntasan sebesar 72 %, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 73,611 dengan persentase ketuntasan sebesar 53 %. Rata-rata nilai akhir siswa untuk ranak afektif pada kelas eksperimen sebesar 87,1 sedangkan kelas kontrol sebesar 85 dan rata-rata nilai akhir siswa pada ranah psikomotor untuk kelas eksperimen sebesar 84,4 dan kelas kontrol sebesar 83,7. Uji hipotesis dengan menggunakan uji kesamaan rata-rata, didapatkan f hitung untuk ranah kognitif = 0,007673 (pada taraf nyata α = 0,05). Dapat dilihat bahwa untuk ranah kognitif didapat thitung ≤ ttabel (0,007673 ≤ 3,98), f hitung untuk ranah afektif = 0.000425 (pada taraf nyata α = 0,05). Dapat dilihat bahwa untuk ranah afektif didapat f hitung ≤ f tabel (0.000425 ≤ 3,98), f hitung untuk ranah psikomotor = 0.000359 (pada taraf nyata α = 0,05). Dapat dilihat bahwa untuk ranah psikomotor didapat f hitung ≤ f tabel (0.000425 ≤ 3,98). Berarti fhitung ≤ ftabel sehingga H0 diterima dan H1 ditolak, maka dapat disimpulan bahwa “Hasil belajar fisika siswa dengan model pembelajaran Treffinger Berbantuan Kartu Soal lebih baik dari pada hasil belajar fisika siswa dengan pembelajaran konvensional di Kelas X MIPA SMA N 1 Batusangkar pada materi Hukum Newton”. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.source | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id:443/batusangkar/AmbilLampiran?ref=109596&jurusan=&jenis=Item&usingId=false&download=false&clazz=ais.database.model.file.LampiranLain | |
dc.subject | Penelitian Fisika | |
dc.subject.ddc | 530.072 | |
dc.subject.ddc | 530.072 | |
dc.title | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBANTUAN KARTU SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA SMA N 1 BATUSANGKAR PADA MATERI HUKUM NEWTON | |
dc.type | Skripsi |