Abstract:
Novita Sari, NIM. 1630107025, Judul Skripsi: “PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK FISIKA BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS) DENGAN STRATEGI INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X SMA/MA”. Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan,
Penelitian ini bertolak dari keadaan di SMA Islam Boarding School Raudhatul Jannah payakumbuh yang telah memiliki kualitas pendidik, lingkungan dan sarana dan prasarana yang cukup baik dan sudah lengkap. Media pembelajaran yang digunakan berupa buku teks dan juga modul cetak yang sudah berorientasi STEM, namun kehadiran peserta didik pada proses pembelajaran rendah sekali. Kebanyakan peserta didik mengikuti kegiatan yang lain misalnya latihan OSN, latihan pramuka dan lain-lain, bahkan hampir setengah dari jumlah peserta didik yang izin, sehingga tidak seluruh peserta didik dapat belajar dengan efektif dan akan berdampak pada hasil belajar peserta didik. Berdasarkan masalah di atas maka dikembangkan modul elektronik fisika berbasis STEM dengan strategi inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul elektronik untuk pembelajaran fisika dengan berbasis STEM dengan strategi inkuiri terbimbing yang valid dan praktis. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan) dan tahap develop (pengembangan) dan desiminate (penyebaran). Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi dan angket. Modul elektronik fisika divalidasi oleh 3 orang validator yaitu 2 orang dosen fisika dan 1 orang pendidik bidang studi fisika. Pada proses praktikalitas modul elektronik fisika di uji cobakan pada 11 orang peserta didik kelas X SMA Islam Boarding School Raudhatul Jannah dan 1 orang guru fisika yang mengajar di SMA Islam Boarding School Raudhatul Jannah . Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Hasil validasi terhadap modul ektronik fisika berbasis STEM dengan strategi inkuiri terbimbing yang dikembangkan untuk kelas X SMA Islam Boarding School Raudhatul Jannah adalah sangat valid dengan persentase sebesar 84,5%.(2) Hasil uji coba terhadap praktikalitas modul elektronik fisika berbasis STEM dengan strategi inkuiri terbimbing yang telah dikembangkan menunjukan hasil praktikalitas pendidik yaitu 90% dan praktikalitas peserta didik 81% dengan kategori sangat praktis yang berarti bahwa telah memenuhi kriteria praktikalitas yaitu dapat digunakan dalam proses pembelajaran.