Abstract:
YULIA PURNAMA, NIM 13 107 032, judul skripsi “Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Tekanan Zat di Kelas VIII SMPN 2 Sungayang” Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Tadris Fisika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2020.
Penelitian ini didasarkan pada hasil pembelajaran IPA peserta didik yang masih tergolong rendah dikarenakan kegiatan pembelajaran yang masih mengandalkan penjelasan guru (teacher center) serta kurangnya minat baca peserta didik. Peserta didik hanya menerima materi yang disampaikan guru, mencatat, dan banyak peserta didik yang tidak merespon ketika guru memberikan pertanyaan. Berdasarkan permasalahan di atas peneliti mencoba untuk menyikapi masalah tersebut, yaitu dengan penerapan strategi PQ4R terhadap hasil belajar IPA pada materi tekanan zat di kelas VIII SMPN 2 Sungayang.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Posttest Only Control Group yang dilaksanakan di SMPN 2 Sungayang pada materi Tekanan Zat. Populasi dalam penelitian ini adalah 53 orang kelas VIII yang terdiri dari dua kelas. Pengujian sampel menerapkan teknik Total Sampling dimana kelas eksperimen dilaksanakan pada kelas VIII1 dan kelas kontrol dilaksanakan pada kelas VIII2. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar ranah kognitif berupa tes pilihan ganda sebanyak 24 butir soal kemudian data ranah afektif peserta didik menggunakan lembar observasi aktivitas peserta didik yang dianalisis secara statistik menggunakan Uji-t.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Nilai rata-rata akhir peserta didik untuk ranah kognitif pada kelas eksperimen yaitu 72,27 dan kelas kontrol rata-rata nilai yang diperoleh yaitu 65,43. Sedangkan rata-rata nilai akhir untuk ranah afektif pada kelas eksperimen 74,96 dan kelas kontrol 68,37. Pada penelitian ini juga dilakukan uji hipotesis dengan Uji-t. Pada ranah kognitif didapat harga thitung = 1,86 dan ttabel = 1,67 sedangkan pada ranah afektif didapat harga thitung = 3,19 dan ttabel = 1,67 untuk kedua ranah taraf nyata yang digunakan α = 0,05. Berarti thitung> ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA peserta didik dengan penerapan Strategi Pembelajaran PQ4R lebih baik dibandingkan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMPN 2 Sungayang dengan pembelajaran secara konvensional.