Abstract:
Nola Agustina, NIM. 15 300 700 018, Judul Skripsi: “PENGEMBANGAN LKPD DENGAN PENDEKATAN SCAFFOLDING UNTUK MENGURANGI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK DI KELAS X SMAN 1 RAMBATAN”. Jurusan Tadris Fisika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Ketersediaan Bahan ajar di sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tercapainya suatu tujuan pembelajaran. Berdasarkan observasi yang telah peneliti lakukan di SMAN 1 Rambatan ditemukan bahwa disekolah tersebut masih menggunakan bahan ajar berupa buku paket dan LKS dari penerbit yang hanya berfokus pada materi dan rumus saja. Guru belum terbiasa mengembangkan bahan ajar yang sesuai tuntutan kurikulum 2013. Di samping itu juga ditemukan bahwa proses pembelajaran yang masih berpusat pada pendidik dan peserta didik belum terbiasa menemukan konsep sendiri, yang mengakibatkan terjadinya miskonsepsi pada peserta didik. Berdasarkan hal ini peneliti merancang sebuah bahan ajar berupa LKPD dengan pendekatan scaffolding untuk mengurangi miskonsepsi pada materi hukum newton tentang gerak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD dengan pendekatan scaffolding untuk mengurangi miskonsepsi yang valid, praktis dan efektif sehingga dapat membantu peserta didik dalam memahami materi fisika, khususnya materi hukum newton tentang gerak. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau development and research dengan model penelitian 4-D, yang meliputi empat tahap yaitu: tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Tetapi pada penelitian ini tahap penyebaran tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. LKPD dengan pendekatan scaffolding untuk mengurangi miskonsepsi dalam pembelajaran fisika dirancang memuat scaffolding yang bervariasi yaitu pada item coba fikirkan, sekilas info, dan langkah penyelesaian soal.. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD dengan pendekatan scaffolding untuk mengurangi miskonsepsi dalam pembelajaran fisika pada materi hukum newton tentang gerak sudah memenuhi kriteria sangat valid dengan perolehan persentase 92,06%. Pada tahap praktikalitas hasil angket respon pendidik dan peserta didik memperoleh persentase 85% dan 86% dengan kategori sangat praktis. Pada tahap efektivitas yang diperoleh dari hasil normal gain sebesar 0,80 dan terjadi pengurangan miskonsepsi dari 43% menjadi 9%.