Abstract:
HALIMA TUSA’DIYAH NIM. 1630107012, Judul skripsi “Penerapan Blended Learning Menggunakan Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gelombang Mekanik Kelas XI MIPA IPA SMAN 2 Payakumbuh”, Jurusan Tadris Fisika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2020. Hasil belajar fisika siswa khususnya kelas XI SMAN 2 Payakumbuh masih tergolong rendah. Tidak semua siswa aktif ketika proses pembelajaran. Siswa tanpa terlibat aktif dalam pembelajaran dan kebanyakan hanya menerima materi yang disampaikan oleh guru di depan kelas. Inilah yang menyebabkan siswa kurang paham dengan materi yang diajarkan oleh guru. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran blended learning menggunakan aplikasi google classroom terhadap hasil belajar siswa pada materi gelombang mekanik kelas XI MIPA SMAN 2 Payakumbuh. Pada penelitian ini eksperimen semu adalah jenis penelitian yang peneliti gunakan, sedangkan rancangan penelitian yang peneliti gunakan yaitu Postest Only Control Group Design. Kelas XI MIPA SMAN 2 Payakumbuh merupakan populasi yang peneliti ambil untuk penelitian ini yang terdiri atas 8 kelas dan banyak seluruh siswa dari 8 kelas tersebut sebanyak 287 orang. Simple random sampling merupakan teknik pengambilan sampel yang dilakukan, yang terpilih sebagai kelas eksperimen yaitu kelas XI MIPA 3 dan kelas kontrolnya yaitu kelas XI MIPA 2. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes akhir (post test) untuk ranah kognitif yang terdiri dari 15 soal objektif, sementara data ranah afektif dan psikomotor didapatkan menggunakan lembar observasi yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar fisika siswa pada kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Pada penelitian ini dilakukan uji hipotesis dengan uji-t untuk ketiga ranah, pada ranah kognitif diperoleh harga thitung = 5,02, afektif didapatkan thitung = 2,56, dan psikomotor didapatkan thitung = 2,65, sedangkan ttabel = 1,67 untuk ketiga ranah dengan taraf nyata yang digunakan α = 0,05. Dapat disimpulkan bahwa untuk ranah kognitif, afektif dan psikomotor didapatkan thitung > ttabel sehingga H0 di tolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hasil belajar fisika siswa dengan menerapkan model pembelajaran blended learning menggunakan aplikasi google classroom lebih baik dibandingkan hasil belajar fisika siswa dengan menerapkan model pembelajaran konvensional pada materi gelombang mekanik kelas XI MIPA SMAN 2 Payakumbuh.