Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | NURKASIANI | |
dc.date.accessioned | 2020-12-16T08:31:23Z | |
dc.date.available | 2020-12-16T08:31:23Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2020-09-11 | |
dc.identifier.isbn | 1630107026 | |
dc.identifier.isbn | 1630107026 | |
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.22000469 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/2FKMcRDdiltzFnOarnZlCK2E5M82zbWF.pdf | |
dc.description.abstract | NURKASIANI, NIM. 1630107026, Judul Skripsi: “PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN ANALISIS TRACKER”. Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Penelitian ini bertolak dari Kurikulum 2013 yang lebih menitik beratkan tentang penggunaan media pembelajaran dengan pemanfaatan IT disemua bidang studi. Media pembelajaran dengan pemanfaatan IT seperti Emodul ini diharapkan mampu meningkatkan minat dan motivasi peserta didik dalam pembelajaran, karena dirancang lebih menarik dalam menjabarkan materi sehingga mudah dipahami. Berdasarkan masalah di atas maka dikembangkan e-modul fisika berbasis pendekatan saintifik dengan analisis tracker yang valid dan praktis. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan 4D, dimana pada penelitian ini hanya terlaksana 3 tahapan saja yaitu define, desing dan develop.Tahapdefine dilakukan untuk mendapatkan gambaran umum di sekolah, seperti analisa kurikulum, merumuskan tujuan pembelajaran, menganalisis karakteristik peserta didik, hingga menganalisis materi pembelajaran.Tahap design, diawali dari pembuatan garis besar program media (GBPM), Pembuatan flowchart (bagan alur), Penyusunan desain produk secara keseluruhan (story board), Pengumpulan objek rancangan berupa teks materi, soal dan jawaban sesuai dengan rancangan produk, gambar, efek suara, musik dan vidio. Setelah semua bahan terkumpul, dilakukan editing, dan terakhir finishing akhir dari kegiatan finishing adalah packageeing, yaitu program dikemas dalam bentuk html.Setelah selesai dilakukan pembuatan RPP sesuai dengan produk yang dihasilkan. Tahap develop, untuk melihat validitas, praktikalitas media pembelajaran berbasis saintifik dengan analisis tracker. Instrumen yang digunakan dalam tahap develop ini (validasi dan praktikalitas) adalah pertama, lembaran validasi e-Modul, validasi angket respon guru dan peserta didik. Kedua lembaran angket respon guru dan peserta didik untuk mengetahui kepraktisan dari E-modul yang dikembangkan.E-modul divalidasi oleh 3 orang validator yaitu 2 orang dosen fisikadan 1 orang guru bidang studi fisika. Pada proses praktikalitas e-modul fisika di uji cobakan pada 18 orangsiswa kelas XIdan 1 orang guru fisika PP Muallimin Muhammadiyah Sawah Dangka. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan disimpulkan bahwa: hasil validasi terhadap e-modulvalid dengan persentase sebesar 84.72%.Hasil uji coba praktikalitas e-modul menunjukkan kriteria sangat praktis dengan persentase 94.70% hasil angket respon peserta didik dan 90.62% hasil angket respon pendidik. Hal ini berarti bahwa pengembangan EModul Berbasis Pendekatan Saintifik Dengan Analisis Tracker pada materi Fluida Dinamis Kelas XI SMA/MA telahvalid dan sangat praktis | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.source | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id:443/batusangkar/AmbilLampiran?ref=109589&jurusan=&jenis=Item&usingId=false&download=false&clazz=ais.database.model.file.LampiranLain | |
dc.subject | LKS | |
dc.subject.ddc | 371.3 | |
dc.subject.ddc | 371.3 | |
dc.title | PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIKDENGAN ANALISIS TRACKER PADA MATERI FLUIDA DINAMIS KELAS XI SMA/MA | |
dc.type | Skripsi |