Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | WINDA FITRIANI | |
dc.date.accessioned | 2020-12-16T08:31:25Z | |
dc.date.available | 2020-12-16T08:31:25Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2020-09-11 | |
dc.identifier.isbn | 1630107042 | |
dc.identifier.isbn | 1630107042 | |
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.22000468 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/7f6cB62RkgvODSQsIn3vg9nxxYc86YYA.pdf | |
dc.description.abstract | Winda Fitriani, NIM. 1630107042, Judul Skripsi: “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbg Untuk Mengatasi Miskonsepsi Pada Materi Usaha Energi dan Momentum Impuls Kelas X MIPA SMA/MA”. Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Peneliti mengembangkan LKPD yang mampu mengatasi miskonsepsi pada peserta didik dengan menggunakan strategi inkuiri terbimbing. LKPD berbasis inkuiri terbimbing ini mampu mengatasi miskonsepsi karena dalam langkah inkuiri terbimbing membuat peserta didik aktif dalam pembelajaran dan dalam LKPD terdapat langkah mengumpulkan data, dimana nanti peserta didik akan mengetahui kesalahan konsep yang dimilikinya. Salah satu sumber belajar yang mampu menjadikan siswa belajar mandiri yaituLKPD.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD fisika yang valid dan praktis. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang terdiri dari 3 tahap yaitu: tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan) dan tahap develop (pengembangan). Dalam penelitian pengembangan terdiri dari 4 tahap tetapi peneliti melakukan penelitian sampai pada 3 tahap. Penelitian pada tahap penyebaran (desseminete)tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi dan angket.LKPD divalidasi oleh 3 orang validator yaitu 1 orang dosen fisika, 1 orang dosen pada bidang pendidikan dan 1 orang guru bidang studi fisika. Pada proses praktikalitas LKPD di uji cobakan pada 19 orang siswa kelas X MIPA SMA N 1 Sungayang dan diuji cobakan pada 2 orang guru mata pelajaran fisika. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Hasil validasi terhadap LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan untuk kelas X MIPA SMA N 1 Sungayang adalah sangat valid dengan persentase sebesar 90%. (2) Hasil uji coba praktikalitas yang dilakukan terhadap LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan untuk kelas X SMA N 1 Sungayang menunjukkan bahwa telah memenuhi kriteria praktikalitas dengan nilai kepraktisan sebesar 88%, dengan arti kata LKPD sangat praktis dan dapat dipakai dalam proses pembelajaran. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.source | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id:443/batusangkar/AmbilLampiran?ref=109588&jurusan=&jenis=Item&usingId=false&download=false&clazz=ais.database.model.file.LampiranLain | |
dc.subject | LKS | |
dc.subject.ddc | 371.3 | |
dc.subject.ddc | 371.3 | |
dc.title | PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI PADA MATERI USAHA ENERGI DAN MOMENTUM IMPULS KELAS X MIPA SMA/MA | |
dc.type | Skripsi |