Abstract:
Fathurrahman. NIM 1630101008. Judul Skripsi. Pengembangan Modul
Berbasis Saintifik pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII di MTs
Negeri 11 Tanah Datar. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negri Batusangkar.
Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan kebutuhan sisawa dalam
hal sumber belajar al-Quran Hadits di MTs Negeri 11 Tanah Datar dimana di sekolah
masih terbatas dalam hal sumber belajar. Adapun permasalahan yang lainnya proses
pembelajaran di kelas dalam penggunaan Bahan ajar yang digunakan oleh siswa
bersifat umum dan dangkal. Disamping itu buku yang digunakan pun kurang efektif
pada saat pembelajaran, bahan ajar yang digunakan pada saat pembelajaran memiliki
kelemahan yaitu langkah-langkah pembelajaran belum sesuai dengan pendekatan
saintifik, gambar-gambar pada bahan ajar kurang sesuai dan kurang memotivasi siswa
dalam proses pembelajaran.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
pengembangan (Researh and Development). Model pengembangan yang digunakan
adalah model 4-D yaitu, define, design, develop, dan disseminate. Dengan prosedur
penelitian yang dilakukan sebanyak tiga tahap yaitu tahap pendefenisian (define),
tahap perancangan (design) dan tahap pengembangan (develop). Teknik pengumpulan
data dilakukan melalui observasi, angket dan wawancara. Untuk instrumen penelitian
digunakan lembar validasi, lembar angket dan pedoman wawancara. Teknik analisis
data dilakukan dengan dua cara. Lembar valiadasi dan angket dianalisis dengan
mencari persentase, sedangkan hasil observasi dan wawancara dianalisis dengan
teknik deskriptif naratif. Setelah itu ditentukan kualitas dari produk yang
dikembangkan.
Berdasarkan hasil validasi dari modul al-Quran Hadits berbasis saintifik di
MTs N 11 Tanah Datar kelas VII semester genap dari 3 orang validator diperoleh
hasil 86,9% dengan kategori sangat valid, hasil rata-rata uji praktikalitas modul alQuran
Hadits berbasis saintifik di MTs N 11 Tanah Datar kelas VII semester genap
oleh siswa yaitu 81,1 % dengan kategori sangat praktis dan uji coba ini dilakukan
lewat online kepada enam orang siswa disebabkan keterbatasan jarak dan keadaan
selama masa pandemi covid-19. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru al-Quran
Hadits menyatakan bahwa modul al-Quran Hadits yang peneliti rancang sudah sangat
praktis, yang berarti bahwa telah memenuhi kriteria praktikalitas yaitu dapat di pakai
dan dilaksanakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembngan, Modul, Saintifik, Al-Quran Hadits