Publikasi IAIN Batusangkar

PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VII DI MTS NEGERI 11 TANAH DATAR

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author fathurrahman
dc.date.accessioned 2021-02-24T01:16:46Z
dc.date.available 2021-02-24T01:16:46Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2020-12-10
dc.identifier.isbn
dc.identifier.isbn NIM:1630101008
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22000785
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=15nhXTihgh5flxx3uWc0GBl9U7G6ufM18
dc.description.abstract Fathurrahman. NIM 1630101008. Judul Skripsi. Pengembangan Modul Berbasis Saintifik pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII di MTs Negeri 11 Tanah Datar. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negri Batusangkar. Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan kebutuhan sisawa dalam hal sumber belajar al-Quran Hadits di MTs Negeri 11 Tanah Datar dimana di sekolah masih terbatas dalam hal sumber belajar. Adapun permasalahan yang lainnya proses pembelajaran di kelas dalam penggunaan Bahan ajar yang digunakan oleh siswa bersifat umum dan dangkal. Disamping itu buku yang digunakan pun kurang efektif pada saat pembelajaran, bahan ajar yang digunakan pada saat pembelajaran memiliki kelemahan yaitu langkah-langkah pembelajaran belum sesuai dengan pendekatan saintifik, gambar-gambar pada bahan ajar kurang sesuai dan kurang memotivasi siswa dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Researh and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yaitu, define, design, develop, dan disseminate. Dengan prosedur penelitian yang dilakukan sebanyak tiga tahap yaitu tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design) dan tahap pengembangan (develop). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket dan wawancara. Untuk instrumen penelitian digunakan lembar validasi, lembar angket dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan dua cara. Lembar valiadasi dan angket dianalisis dengan mencari persentase, sedangkan hasil observasi dan wawancara dianalisis dengan teknik deskriptif naratif. Setelah itu ditentukan kualitas dari produk yang dikembangkan. Berdasarkan hasil validasi dari modul al-Quran Hadits berbasis saintifik di MTs N 11 Tanah Datar kelas VII semester genap dari 3 orang validator diperoleh hasil 86,9% dengan kategori sangat valid, hasil rata-rata uji praktikalitas modul alQuran Hadits berbasis saintifik di MTs N 11 Tanah Datar kelas VII semester genap oleh siswa yaitu 81,1 % dengan kategori sangat praktis dan uji coba ini dilakukan lewat online kepada enam orang siswa disebabkan keterbatasan jarak dan keadaan selama masa pandemi covid-19. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru al-Quran Hadits menyatakan bahwa modul al-Quran Hadits yang peneliti rancang sudah sangat praktis, yang berarti bahwa telah memenuhi kriteria praktikalitas yaitu dapat di pakai dan dilaksanakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Pengembngan, Modul, Saintifik, Al-Quran Hadits
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.source https://drive.google.com/uc?export=view&id=15nhXTihgh5flxx3uWc0GBl9U7G6ufM18
dc.subject Metode Belajar
dc.subject.ddc 371.3
dc.subject.ddc 371.3
dc.title PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VII DI MTS NEGERI 11 TANAH DATAR
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku