Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | SRI WAHYUNI | |
dc.date.accessioned | 2021-02-24T01:19:25Z | |
dc.date.available | 2021-02-24T01:19:25Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2020-12-10 | |
dc.identifier.isbn | 15300100102 | |
dc.identifier.isbn | 15300100102 | |
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.22000735 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | https://drive.google.com/uc?export=view&id=12LjKS51ijl3WVn6V4dBc4LgwGR9QArnx | |
dc.description.abstract | SRI WAHYUNI, NIM: 15 300 100 102, Judul skripsi: “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Think Pair Share Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTsN 8 Tanah Datar”. Jurusan pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan lmu Keguruan (FTIK). Penelitan ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar akidah akhlak siswa khususnya kelas VIII di MTsN 8 Tanah datar. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil ulangan harian semester genap kelas VIII MTsN 8 Tanah datar. Rendahnya hasil belajar akidah akhak siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya adalah proses pembelajaran yang terjadi di kelas berpusat kepada guru (Teacher Center), guru kurang memvariasikan strategi, model dan metode dalam pembelajaran akidah akhlak sehingga siswa hanya mencatat untuk menghafal informasi tanpa memahami informasi yang diingatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah apakah hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran akidah akhlak menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan Think Pair Share lebih baik dari pada hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional kelas VIII di MTsN 8 Tanah Datar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ekspeimen semu dengan rancangan penelitian randomized countrol group only desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTsN 8 Tanah Datar tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 5 kelas. Teknik penentuan sampel adalah menggunakan Simple Random Sampling dan diperoleh jumlah sampel yang diteliti sebanyak 50 orang, 26 orang kelas eksperimen dan 24 orang kelas kontrol. Hasil penelitian yang diperoleh rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen 81,4 dengan persentase ketuntasan 76,9% sedangkan rata-rata yang diperoleh pada kelas kontrol 77,7 dengan persentase ketuntase ketuntasan 66,7%. Maka uji-t didapat harga thitung = 4,725 sedangkan ttabel = 2,01 pada taraf α = 0,05 berarti thitung > ttabel dan h0 ditolak dan H1 diterima karena thitung > ttabel maka (4,725 > 2,01), maka dapat dikemukakan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran probelm based learning dan think pair share lebih baik dari hasil belajar kognitif siswa dengan menngunakan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTsN 8 Tanah Datar. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.source | https://drive.google.com/uc?export=view&id=12LjKS51ijl3WVn6V4dBc4LgwGR9QArnx | |
dc.subject | Pendidikan Islam | |
dc.subject.ddc | 2x7.3 | |
dc.subject.ddc | 2x7.3 | |
dc.title | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTsN 8 TANAH DATAR | |
dc.type | Skripsi |