Abstract:
HILFAMI INDRA NIM 13 101 056. Judul Skripsi: “Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Pada Anak Usia Dini Di Yayasan Ummul Qur’an Jorong Pincuran Tinggi Nagari Panayalaian Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar”. Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2020, 1-98 halaman.
Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk melestarikan Al-qur‘an adalah dengan cara menghafal Al-qur‘an, Di Yayasan Ummul Qur’an merupakan salah satu tempat untuk meghasilkan para penghafal Al-qur‘an yang terletak di Jorong Pincuran Tinggi Negeri Panyalaian Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar . Untuk memudahkan dalam menghafal Al-qur‘an tentu dibutuhkan suatu cara atau metode yang tepat untuk menghafal Al-qur‘an tersebut. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidzul Quran Pada Anak Usia Dini Di Yayasan Ummul Qur‘an Jorong Pincuran Tinggi Nagari Panyalaian Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau Field Research yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah berasal dari pimpinan, guru yang mengajar, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu model Miles and Huberman seperti reduksi data, model data, verifikasi kesimpulan. Tenik penjamin keabsahan data dengan triangulasi data,, triangulasi teori dan triangulasi metode.
Hasil penelitian menunjukkan; (1) perencanaan yang dilakukan guru dalam pembelajaran tahfidz Quran melalui perencanaan tidak tertulis hasil rapat guru dan perencanaan tertulis dalam Rencana Kegiatan Harian, (2) pelaksanaan kegiatan tahfidz Qur‘an dilaksanakan dalam dua bentuk kegiatan, yakni kegiatan kelompok dan kegiatan tasmi‘. Kegiatan kelompok dilaksanakan dengan cara membagi anak dalam dua kelompok berdasarkan kemampuan menghafal. Guru mendiktekan ayat satu per satu kepada anak secara klasikal. Anak mendengarkan bacaan guru, kemudian menirukan bacaan guru berulang-ulang hingga anak lancar mengucapkan ayat yang disampaikan guru. Kemudian guru memberi petunjuk pada anak untuk mengulang surat- surat yang pernah dihafal secara individu, kelompok, atau klasikal, (3) penilaian dilaksanakan dengan cara mengamati anak secara individual saat mengulang hafalan menggunakan alat penilaian catatan anekdot dan daftar cek.