Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | MILA RAHAYU | |
dc.date.accessioned | 2021-02-24T01:19:35Z | |
dc.date.available | 2021-02-24T01:19:35Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2020-12-10 | |
dc.identifier.isbn | 15300100054 | |
dc.identifier.isbn | 15300100054 | |
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.22000731 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | https://drive.google.com/uc?export=view&id=1UxvlnmQa6GwW2_4rrkFTbzzrWgp6BFiO | |
dc.description.abstract | MILA RAHAYU, NIM. 15 300 100 054, Judul Skripsi: “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELECTUALLY REPETITION (AIR) PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTsN 1 TANAH DATAR”.Jurusan Pendidikan Agama IslamFakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri(IAIN) BatusangkarTahun 2020. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar Aqidah Akhlak siswa yang masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil ulangan Harian semester ganjil kelas VII MTsN 1 Tanah Datar.Rendahnya hasil belajar Aqidah Akhlak siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya guru lebih mendominasi dalam kegiatan pembelajaran, sehingga membuat siswa pasif dalam belajar sedangkan siswa hanya menerima penjelasan dari guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) pada pembelajaran Akidah Akhlak materi Akhlak Tercela kelas VII di MTsN 1 Tanah Datar lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) lebih baik dari pembelajaran konvensional pada Akhlak Tercela mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTsN 1 Tanah Datar . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif, sedangkan metode penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian randomized control group only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTsN 1 Tanah Datar Tahun Ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 128 siswa. Pengambilan sampel ini diambil dengan cara random sampling sehingga terpilih sampel berjumlah 55 orang siswa,sehingga terpilih kelas VII4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII2 sebagai kelas Kontrol. Teknik pengumpul data yang penulis gunakan adalah menggunakan tes hasil belajar siswa untuk ranah kognitif berupa tes essay sebanyak 5 soal. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa rata-rata hasil belajar Aqidah Akhlak siswa pada kelas eksperimen adalah 81,9 dengan ketuntasan 78% sedangkkan, rata-rata yang diperoleh pada kelas kontrol adalah 61,2 dengan persentase ketuntassan 32%. Setelah dilakukan uji hipotesis secara statistik dengan menggunakan uji-t didapat harga thitung , sedangkan ttabel = 1, 67412 pada taraf 0,05. Dari semua data didapat thitung> ttabel atau >1, 67412, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa “ hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) lebih baik dari pada pembelajaran konvensional materi Akhlak Tercela kelas VII di MTsN 1 Tanah Datar. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.source | https://drive.google.com/uc?export=view&id=1UxvlnmQa6GwW2_4rrkFTbzzrWgp6BFiO | |
dc.subject | metode belajar | |
dc.subject.ddc | 371.36 | |
dc.subject.ddc | 371.36 | |
dc.title | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELECTUALLY REPETITION (AIR) PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTsN 1 TANAH DATAR | |
dc.type | Skripsi |