Abstract:
GITA PURNAMA SARI, NIM. 15 300 100 031, judul skripsi “Korelasi Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak dengan Karakter Siswa Kelas VIII di MTsN 8 Tanah Datar”. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar Tahun 2020.
Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah banyaknya banyak siswa yang terlambat datang untuk mengikuti tadarusan Al-Qur’an, membaca Al- Qur’an yang kurang tetap, serta masih ada siswa yang tidak menyimak baca Al-Qur’an saat temannya. Selain itu, dalam shalat zuhur berjama’ah masih banyak siswa yang tidak mengikuti shalat zuhur berjama’ah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Terdapat Korelasi Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dengan Sikap Religius, Sikap Toleransi dan Sikap Tanggung Jawab Siswa Kelas VIII di MTsN 8 Tanah Datar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat korelasi hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak dengan Sikap Religius, Sikap Toleransi dan Sikap Tanggung Jawab siswa kelas VIII di MTsN 8 Tanah Datar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian ecpost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTsN 8 Tanah Datar tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 5 kelas. Teknik penentuan sampel adalah menggunakan Random Sampling dan di peroleh jumlah sampel yang diteliti sebanyak 52 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini ialah angket (kuesioner) karakter siswa dan dokumentasi berupa Hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak.
Penelitian mengenai korelasi hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak dengan karakter siswa kelas VIII di MTsN 8 Tanah Datar. Berdasarkan hasil penelitian maka antara hasil belajar memiliki korelasi yang cukup kuat dengan sikap religius karena menunjukkan uji rxy yang telah diperoleh r hitung sebesar 0,482 sedangkan r table dengan N = 52 dan α = 0,05 diperoleh nilai sebesar 0,273 Hasil tersebut menunjukkan bahwa rhitung lebih besar dari r tabel (0,482> 0,273). selanjutnya antara hasil belajar memiliki korelasi yang cukup kuat dengan sikap toleransi diperoleh r hitung sebesar 0,506 sedangkan r table dengan N = 52 dan α = 0,05 diperoleh nilai sebesar 0,273 Hasil tersebut menunjukkan bahwa rhitung lebih besar dari r tabel (0,506 > 0,273). Sedangkan hasil belajar memilki korelasi yang cukup kuat dengan sikap tanggung jawab diperoleh r hitung sebesar 0,70 sedangkan r table dengan N = 52 dan α = 0,05 diperoleh nilai sebesar 0,273 Hasil tersebut menunjukkan bahwa rhitung lebih besar dari r tabel (0,70> 0,273). Kesimpulan yang di dapat pada masing-masing karakter hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis nihil (Ho) ditolak.