Abstract:
Asa Bellya Dwi Laxmi, NIM 1630401026, Judul Skripsi: “Perilaku Menabung pada BMT Taqwa Muhammadiyah Cabang Sungai Rumbai (Antara Motif Nasabah dan Strategi Pemasaran Lembaga Keuangan Syariah)”.Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar Tahun 2020.
Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah apa Motif Nasabah untuk Menabung dan bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan terkait memotivasi nasabah untuk menabung di BMT Taqwa Muhammadiyah Cabang Sungai Rumbai melalui aspek produk, harga, distribusi dan promosi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi pemasaran yang dilakukan oleh BMT Taqwa Muhammadiyah Cabang Sungai Rumbai dalam memotif nasabah untuk meningkatkan perilaku menabung, melalui Strategi Produk, Harga, Distribusi maupun Promosi. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu dengan menggunakan bauran pemasaran, dalam memotivasi nasabah untuk menabung di BMT Taqwa Muhammadiyah Cabang Sungai Rumbai, empat bentuk strategi pemasarannya yaitu Strategi Prduk, Strategi Harga, Strategi Distribusi dan Strategi Prmosi sudah dilaksanakan secara bersamaan.
Untuk mendapatkan data-data dari permasalahan yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu melalui wawancara dan dokumentasi yang berkaitan dengan Pertanyaan apa motif nasabah untuk menabung di BMT Taqwa Muhammadiyah Cabang Sungai Rumbai dan bagaimana Strategi yang dilakukan oleh pihak BMT dalam memotif nasabah agar termotivasi untuk menabung di BMT Taqwa Muhammadiyah Cabang Sungai Rumbai. Teknik penjamin keabsahan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode triangulasi, kemudian dilakukan penarikan kesimpulan untuk menyimpulkan semua informasi yang telah didapat.
Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa untuk memotif nasabah agar menabung di BMT Taqwa Muhammadiyah yaitu dengan melakukan strategi pemasaran yang dilihat dari 4P (produk, harga, distribusi, dan promosi). Pertama dari strategi produk yaitu menciptakan kemasan. Kedua strategi harga yaitu mulai dari pembukaan rekening Tabungan yang setoran awalnya minimal Rp.10.000,-. Sedangkan untuk setoran selanjutnya minimal Rp 10.000,- dan sisa saldo minimal adalah sebesar Rp.10.000,-. Kecuali pada produk tabungan Qurban dan tabungan Haji yaitu Rp. 20.000,- untuk setoran awal. Ketiga strategi distribusi yang mana lokasi cukup lumayan sulit untuk dicari oleh masyarakat tetapi dengan adanya Spanduk/plang yang diletakkan ditempat strategis, masyarakat mengetahui lokasi BMT berada. Keempat strategi promosi yaitu melalui media masa, personal selling, maintanance nasabah, dan promosi-promosi kecil.