Abstract:
RIZKY AMANDA. NIM 14 202 147, Judul Skripsi “Analisis Tingkat Kepuasan Nasabah Pada BMT Almabruk”. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Nageri (IAIN) Batusangkar.
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa besar tingkat kepuasan nasabah terhadap kualitas pelayanan BMT Almabruk berdasarkan lima dimensi yaitu Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty dan secara keseluruhan.. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui kuesioner. langkah-langkah analisis data menggunakan alat analisis uji validitas, reliabilitas dan customer satisfaction index (CSI).
Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai customer satisfaction index (CSI) pelayanan sebesar 80,85%. Hasil ini diperoleh berdasarkan data yang diambil dari sembilan puluh tujuh orang responden dan dianalisis menggunakan metode Costumer Satisfaction Index (CSI). Jika didasarkan kepada indeks kepuasan nasabah maka angka 80,85% berada pada kategori puas dengan interval 66%-80,99%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa nasabah BMT Almabruk puas terhadap semua pelayanan yang diberikan oleh BMT Almabruk Batusangkar kepada nasabah.