Abstract:
STEVANI CINDY ANANDA, NIM 1630402108 Judul Skripsi: “ANALISIS BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT PENGUKURAN KINERJA DI RESTAURANT H. WAN PAYAKUMBUH”. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2020.
Dalam penelitian ini permasalahan yang dibahas adalah bagaimana kinerja Restaurant H. Wan Payakumbuh dengan pendekatan Balanced Scorecard. Selama ini metode penilaian kinerja yang digunakan oleh Restaurant H. Wan belum menggunakan pendekatan Balanced Scorecard sehingga tidak dapat menggambarkan keseluruhan aspek penilaian kinerja perusahaan secara akurat dan menyeluruh. Sehingga diperlukan suatu metode yang bisa menggambarkan seluruh aspek penilaian kinerja dan salah satu metode yang bisa digunakan adalah pendekatan Balanced Scorecard.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja Restaurant H. Wan Payakumbuh dari perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan metode deskriptif kuantitatif yaitu dengan mengolah data-data yang didapat dilapangan agar dapat memberikan analisis terhadap kinerja perusahaan, Peneliti mengambil data selama 1 tahun yaitu tahun 2019. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu dengan kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kinerja dengan empat perspektif balanced scorecard yaitu: Perspektif keuangan, Perspektif pelanggan, Proses bisnis internal, Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran.
Berdasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan kinerja Restaurant H. Wan dari Perspektif Keuangan menghasilkan kinerja yang baik karena setiap bulannya menghasilkan laba yang positif. Dari Perspektif Pelanggan dapat dikatakan sudah baik karena H. Wan dapat meningkatkan kepuasan pelanggannya. Dari Perspektif Proses Bisnis menunjukkan hasil yang baik, karena perusahaan mampu mengembangkan inovasi-inovasi baru serta berusaha menyelesaikan permasalahan yang disampaikan oleh pelanggan. Dari Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran juga menunjukkan kinerja yang baik karena perusahaan mampu meningkatkan kepuasan karyawannya.