Publikasi IAIN Batusangkar

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN MASYARAKAT DI POLRES TANAH DATAR BERBASIS ANDROID

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author RIFKI HIDAYATULLAH
dc.date.accessioned 2021-02-24T01:21:46Z
dc.date.available 2021-02-24T01:21:46Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2020-12-10
dc.identifier.isbn 1650401100
dc.identifier.isbn 1650401100
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22000671
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1RNHOV9isCJl7V-3bDjZxf22x0gfk0U23
dc.description.abstract Rifki Hidayatullah. NIM 16 50401 100. Judu Tugas Akhir : “ Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat Di Polres Tanah Datar Berbasi Android”. Program Diploma Manajemen Informatika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Permasalahan dalam penelitian ini, dilatar belakangi oleh sistem yang sedang berjalan pada saat ini, unit Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang tugasnya melayani pengurusan Surat Keterangan Catatan kepolisian (SKCK) di Polres Tanah Datar, masih belum tersedianya sistem yang berbasis online untuk pelayanan tersebut, sehingga masyarakat sulit mendapatkan informasi mengenai prosedur dan persyaratan Surat Keterangan Catatan kepolisian (SKCK) sebelum masyarakat berkunjung ke kantor Polres Tanah Datar, berikutnya jumlah pengajuan permohonan Surat Keterangan Catatan kepolisian (SKCK) setiap harinya rata-rata ada 5 orang dan akan terjadi peningkatan permohonan pada saat tertentu seperti kegiatan tes CPNS, sehingga akan terjadi penumpukan berkas di kantor kepolisian, ketiga,keterbatasan waktu dalam pelayanaan SKCK dari pihak kepolisian, menyebabkan pihak kepolisian tidak bisa melayani dengan sebanyak-banyaknya permohonan dalam satu hari, sehingga sistem saat ini membatasi permohonan SKCK dalam satu hari, berikutnya setiap masyarakat yang ingin membuat SKCK, akan lebih banyak menghabiskan waktu dalam memenuhi persyaratan, begitu juga dalam jarak tempuh menuju kantor Polres Tanah Datar, dan sistem antrian di Polres Tanah Datar, sehingga menimbulkan tingkat kesulitan dan keterlambatan yang dihadapi oleh masyarakat dalam menyelesaikan pengurusan SKCK, berikutnya pada massa pandemi covid-19 saat ini, pemerintah melarang setiap masyarakat untuk tidak melakukan perkumpulan / kerumunan demi memutuskan rantai tersebarnya virus corona. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diperoleh kesimpulkan bahwa Aplikasi ini dibuat untuk memberikan pelayanan yang maksimal untuk masyarakat dan pihak Polres Tanah Datar dalam bentuk pengurusan dan pendaftaran skck baru. Fungsi sistem yang baru ini bagi pihak Polres Tanah Datar yaitu meningkatkan kinerja petugas dalam mengelola data, menginput data, mencari data, Pengaplikasian dalam bentuk andoroid ini sebagai program sistem yang sangat membantu dalam meberikan suatu pelayanan, sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama dalam pengurusan SKCK pada Polres Tanah Datar, Dalam melakukan suatu penelitian terhadap suatu sistem baik untuk mengembangkan maupun membuat sistem baru maka hal-hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana prosedur pelaksanaan dari pengembangan sistem, agar hasil dari analisa dapat diterapkan dengan baik, Sistem Informasi Pelayanan yang bebasis android ini juga muda digunakan, dan bagi pemula juga tidak sulit dalam pengguaan aplikasi ini, disebabkan terdapat didalam aplikasi ini sebuah petunjuk dalam penggunaannya.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.source https://drive.google.com/uc?export=view&id=1RNHOV9isCJl7V-3bDjZxf22x0gfk0U23
dc.subject sistem informasi
dc.subject.ddc 005.36
dc.subject.ddc 005.36
dc.title PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN MASYARAKAT DI POLRES TANAH DATAR BERBASIS ANDROID
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku