Publikasi IAIN Batusangkar

STUDENT TEACHERS’ DIFFICULTIES IN TEACHING LISTENING

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author Tisa Angelina
dc.date.accessioned 2021-02-24T01:22:27Z
dc.date.available 2021-02-24T01:22:27Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2020-12-10
dc.identifier.isbn 1630104069
dc.identifier.isbn 1630104069
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 03.22000005
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1SICnwKluBs9pUR1yKo9g5_HEJLYj9_HV
dc.description.abstract Tisa Angelina. NIM 16 3010 4069. Judul skripsi: “STUDENT TEACHERS’ DIFFICULTIES IN TEACHING LISTENING”. Jurusan Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya kesulitan saat mengajar listening yang dialami oleh mahasiswa PPL (Program Praktek Lapangan) Tadris Bahasa Inggris Institut Agama Islam Negri Batusangkar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor kesulitan saat mengajar listening yang dialami oleh mahasiswa PPL yang berperan sebagai responden. Peneliti menggunakan teori tentang teachers difficulties in teaching listening dari Aldama, Yuliana & Apsari dan Ur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti praktek lapangan yang berjumlah 72 orang. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teknik total sampling. Dalam tahap pengumpulan data, instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Hasil validitas instrumen ini secara umum dari tiga validator adalah 0,91 (valid) untuk aspek keterkaitan indikator dan tujuan, 0,90 (valid) untuk aspek kesesuaian pernyataan/pertanyaan dengan indikator yang di ukur, 0,89 (valid) untuk aspek kesesuaian antara pernyataan/ pertanyaan dengan tujuan, dan 0,89 (valid) untuk aspek bahasa yang digunakan baik dan benar. Hasil reliability instrument adalah 0,66. Setelah itu peneliti menyebar angket via Goggle form. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 12 faktor kesulitan saat mengajarkan listening yang dialami oleh mahasiswa Program Praktek Lapangan (PPL). Adapun kedelapan factor tersebut adalah sebagai berikut: kesulitah saat mengajar diruangan kelas yang besar yaitu sebesar 74,26%, kurangnya kosa-kata bahasa Inggris yang dimiliki oleh siswa yaitu sebesar 79,39%, kurangnya minat siswa dalam belajar listening yaitu sebesar 75,22%, kesulitan saat memilih (startegi, teknik dan metode) pengajaran yaitu sebesar 67,55%, kesulitan saat mengajar listening yaitu sebanyak 66,45%, kesulitan saat menyiapkan materi pembelajaran yaitu sebanyak 67,77%, adanya gangguan suara dari lingkungan sekitar yaitu sebesar 72,37%, modul pembelajaran yang tidak memadai yaitu sebesar 76,32%, adanya masalah pada peralatan listening yaitu sebanyak 72,37%, kendala dengan listrik yang mati yaitu sebesar 61,84%, adanya perbedaan materi yang ada pada silabus kurikulum 2013 dengan materi ujian nasional yaitu sebanyak 62,28%, permasalahan yang berhubungan dengan teks listening yaitu sebesar 73,69%, permasalahan mengenai tugas-tugas yang diberikan yaitu sebesar 67,11% dan permasalahan ketika listening audio diputar yaitu sebesar 71,27%. Dari 57 mahasiswa yang mengisi kuisioner diketahui bahwa kurangnya kosa-kata (vocabulary) siswa dalam bahasa inggris (student lack of vocabulary) merupakan faktor kesulitan saat mengajarkan listening yang paling tinggi yaitu sebanyak 79,39% dari keseluruhan faktor kesulitan saat mengajarkan listening.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.source https://drive.google.com/uc?export=view&id=1SICnwKluBs9pUR1yKo9g5_HEJLYj9_HV
dc.subject bahasa Inggris - Percakapan
dc.subject.ddc 428
dc.subject.ddc 428
dc.title STUDENT TEACHERS’ DIFFICULTIES IN TEACHING LISTENING
dc.type Tesis


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Tesis
    Perpustakaan Jurusan PENDIDIKAN (TADRIS) BAHASA INGGRIS Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku