Abstract:
SYERLIN MANDASARI, NIM, 1630104067, judul skripsi: “Students’ Perception toward the use of BRITISH COUNCIL Application in Listening Subject”, Jurusan Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum terdeskripsinya pandangan mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi british council di mata kuliah listening for monologue academic life. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pandangan mahasiswa terhadap penggunaan british council dalam mata kuliah listening for monologue academic life.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasinya adalah seluruh mahasiswa semester dua yang mengambil mata kuliah listening for monologue academic life tahun akademik 2019/2020 yang berjumlah 72 orang. Sampel dari penelitian ini di ambil menggunakan teknik simple random sampling, dimana 58 orang menjadi sampel penelitian dan 14 orang untuk uji coba. Dalam pengumpulan data, instrumen yang di gunakan adalah angket. Dari angket yang di ujicobakan di dapat 35 item valid dan 3 item dibuang. Selanjutnya, angket di revisi dan kemudian di bagikan kepada 58 sampel penelitian untuk mengumpulkan data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi british council dalam mata kuliah listening. Persepsi mahasiswa pada category sangat positif 39.6%. Jika dilihat dari masing-masing aspek persepsi, persepsi mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi british council dalam mata kuliah listening sebagai berikut: pada aspek kognitif persepsi mahasiswa terletak pada kategori sangat positif 39.6%, pada aspek afektif persepsi mahasiswa terletak pada kategori sangat positif 36.2% dan pada aspek konatif persepsi mahasiswa pada kategori sangat positif 37.9%.
Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi british council di kelas listening tahun akademik 2019/2010 adalah sangat positif