Abstract:
FAMELA FARDILAH, NIM. 15 300 4000 33, judul skripsi “AN
ANALYSIS OF QUESTIONS USED IN THE BOOK OF PATHWAY TO
ENGLISH FOR TWELFTH GRADE STUDENTS OF SENIOR HIGH
SCHOOL”, Jurusan Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, 2020.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah belum
terungkapnya tipe-tipe pertanyaan dan level pertanyaan di dalam buku bahasa
inggris kelompok peminatan kelas XII Sekolah Menengah Atas semester 1 di
MAN 2 Batusangkar. Penelitian ini bertujuan menemukan serta
menggambarkan tipe tipe pertanyaan dan level pertanyaan yang terdapat
didalam buku bahasa inggris kelompok peminatan kelas XII Sekolah
Menengah atas semester 1 di MAN 2 Batusangkar .
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Data penelitian
adalah soal-soal latihan dalam bentuk short answer dan essayyang terdapat di
dalam dokumen buku Bahasa Inggris peminatan kelas XII semester 1 di MAN
2 Batusangkar, untuk mengetahui tipe-tipe dan level pertanyaan. Sumber data
adalah buku Bahasa Inggris peminatan kelas XII semester 1 di MAN 2
Batusangkar.Instrumen dari penelitian ini adalah peneliti dan tabel data.
Teknik pengambilan data adalah content analysis. Prosedurmenganalisis data
adalah pertama, peneliti mengelompokkan pertanyaan sesuai dengan teori.
Kedua, peneliti menganalisis pertanyaan satu persatu berdasarkan teori.
Peneliti memberi kode pada setiap pertanyaan. Peneliti menghitung dan
menjumlahkan setiap tipe-tipe pertanyaan dan level pertanyan dalam bentuk
persen %.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan 7 tipe-tipe pertanyaan
yaitu 7 tipe pertanyaan yaitu convergent 58 pertanyaan (30,10%), divergent 76
pertanyaan (39.30%), open 42 pertanyaan (21,80%), closed 5 pertanyaan
(2,60%), referential 10 pertanyaan (5,20%), rhetorical 1 pertanyaan (0,50%),
managerial 1 pertanyaan (0,50%) . level pertanyaan meliputi remembering
135 pertanyaan (0,69%), understanding 23pertanyaan (0, 12%), applying 7
pertanyaan (0.04%), analyzing 13 pertanyaan (0,07%), evaluating 13
pertanyaan (0.07%), creating 2 pertanyaan (0,01%). Maka dapat disimpulkan
jenis pertanyaan yang paling banyak ditemukan adalah pertanyaan divergen
(divergent) dan level pertanyaan yang paling banyak digunakan adalah level
mengingat (remembering).