Abstract:
RIA INDAH SUSANTI. NIM, PAI 15 02 03 2 023 judul Tesis “IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN AJARAN ISLAM DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA DI SMP NEGERI 6 SAWAHLUNTO”. Program Pascasarjana Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.
Pokok permasalahan dalam tesis ini adalah bagaimana implemetasi pembiasaan ajaran Islam dalam membentuk akhlak siswa di SMPN 6 Sawahlunto. Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui strategi dan proses pelaksanaan pembiasaan ajaran Islam di SMPN 6 Sawahlunto dalm mewujudkan siswa yang berakhlak mulia.
Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) case study (studi kasus) adalah sebuah metode penelitian yang secara khusus menyelidiki fenomena kontemporer (obyek yang sedang berlangsung tetapi masih menyisakan dampak dan pengaruh yang luas, kuat atau khusus pada saat penelitian dilakukan) yang terdapat dalam konteks kehidupan nyata, dengan menggunakan berbagai sumber data untuk mendapatkan data-data dari permasalahan yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan secara deskriptif kualitatif, kemudian diuraikan serta melakukan klasifikasi terhadap aspek masalah tertentu dan memaparka melalui kalimat yang efektif.
Dari penelitian yang penulis lakukan di lapangan dapat disimpulkan bahwa : hasil pelaksanaan pembiasaan ajaran Islam di SMPN 6 Sawahlunto membuat peserta didik lebih faham tentang agamanya dengan penuh kesadaran dan dapat mengamalkannya serta menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam pembiasaan itu. Hal itu terbukti pada (1) berupa temuan khusus berupa deskripsi sekolah dan permasalahan akhlak yang terjadi di SMPN 6 Sawahlunto. (2) Temuan umum berupa (a) bentuk-bentuk metode pembiasaan yang dilaksanakan, (b) perencanaan, (c) pelaksanaan (d) hasil pembiasaan. Bentuk-bentuk metode pembiasaan yaitu bersalaman, doa sebelum dan sesudah belajar, tadarus, sholat dhuha, sholat zuhur berjamaah, berinfak, subuh berjamaah dan maghrib mengaji, tahfiz Quran. Perencanaan dimulainya pembiasaan ini adalah menetapkan tujuan sesuai dengan visi dan misi, serta menuangkannya dalam perangkat pembelajaran yaitu RPP. Pelaksanaan pembiasaan ajaran Islam dilakukan dengan 3 tahapan yaitu menerapkan peraturan, penerapan hukuman dan reward. Hasil pelaksanaan pembiasaan melahirkan nilai-nilai Islami yang tertanam pada jiwa peserta didik sehingga menjadi kebiasaan dalam keseharian sehingga terwujudlah peserta didik yang beriman, bertakwa dan berakhlakul karimah.