Abstract:
FEBRINA ERLINDA, NIM 16 301 04 019. Judul Skripsi “Students’ Motivation in Choosing English for Young Learner as an Elective Subject (A Study of the Sixth Semester Students of English Teaching Department of IAIN Batusangkar registered in 2018/2019Academic Year)”, Jurusan Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beragamnya motivasi mahasiswaTadris Bahasa Inggris IAIN Batusangkar dalam memilih mata kuliah English for Young Learner sebagai mata kuliah pilihan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan motivasi mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris dalam mengambil mata kuliah English for Young Learner sebagai mata kuliah pilihan.
Penelitianini menggunakan pendekatanDescriptive Qualitatif. Informan penelitian berjumlah 10 mahasiswa yang dipilih menggunakan pengambilan Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu pedoman wawancara. Selanjutnya, dalam menganalisis data peneliti menggunakan teori Miles dan Huberman (1994: 10) yaitu dengan cara mereduksi data, menyajikan data, memverifikasi data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada 8 motivasi mahasiswa dalam memilih matakuliah English for Young Learner sebagai mata kuliah pilihan. Motivasi tersebut mencakup: 1)Memiliki ketertarikan untuk belajar; 2) Mendapatkan nilai yang bagus; 3) Memiliki tujuan untuk masa depan; 4) Mendapatkan pengalaman baru; 5) Ikut teman-teman; 6) Memiliki ketertarikan dengan cara mengajar dosen;7) Ingin mengetahui bagaimana cara mengajar anak-anak; dan 8) Mata kuliahnya mudah untuk dipelajari.