Abstract:
WETNADIA, 1630104077, judul skripsi “AN ANALYSIS OF STUDENTS’ LEARNING STYLE IN LISTENING FOR DIALOGUE OF ACADEMIC LIFE SUBJECT’’ Jurusan Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum terungkapnya gaya belajar siswa didalam kelas Listening for Dialogue of Academic Life dan didalam penelitian ini banyaknya siswa yang mendapatkan skor nilai tinggi didalam kelas tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengambarkan gaya belajar siswa didalam kelas Listening for Dialogue of Academic Life Subject .
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasinya adalah seluruh siswa bahasa inggris semester 3 di dalam kelas Listening for Dialogue of Acdemic Life Subject angakatan 2018/2019 yang berjumalah 73 siswa. Sampel dari penelitian ini diambil menggunakan teknik total random sampling yaitu sebanyak 58 orang yang digunakan sebagai sampel dan 15 orang sebagai sample uji coba (try out). Dalam pengumpulan data, instrument yang digunakan adalah angket tertutup. Angket tersebut dianalisis menggunakan program SPSS 22 untuk melihat validasi dan reliabilitas setiap items. Dari angket yang di uji cobakan didapat 55 item valid, 17 Item dibuang. Sedangkan untuk hasil reliabilitasnya adalah 0,980 yang berada pada reliabilitas yang sangat baik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis gaya belajar siswa didalam kelas Listening for Dialogue of Academic Life Subject adalah positive dengan percentages 39.66% dan rata rata142,51 jika dilihat dari masing masing gaya belajar,Visual learning style adalah memiliki skor tertinggi 18% dengan rata rata adalah 407,42 auditory learning style memiliki skor 16% dengan rata rata adalah 397,46 and kinesthetic learning memiliki skor 15,56 % dengan rata rata adalah 361,66. Selanjutnya ,Gaya belajar pada visual learning style siswa adalah terletak pada kategori undisegree (tidak setuju) memliki percentase 41.37%, pada auditory style siswa adalah terletak pada kategori Aggree (setuju) dengan 44.83 %, dan pada kinesthetic style siswa adalah terletak pada kategori Undicided (ragu ragu) 36.20 %.
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa gaya belajar yang paling banyak digunakan siswa didalam kelas Listening for Dialogue of Academic Life Subject adalah gaya belajar visual yang memiliki percentase tertinggi yaitu 18 %.