Publikasi IAIN Batusangkar

STRATEGIES OF THANKING EMPLOYED BY THE ENGLISH TEACHING DEPARTMENT STUDENTS AT IAIN BATUSANGKAR

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author FANDI AHMAD
dc.date.accessioned 2021-02-24T01:22:48Z
dc.date.available 2021-02-24T01:22:48Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2020-12-10
dc.identifier.isbn 15 300 400 034
dc.identifier.isbn 15 300 400 034
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22000648
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1AEn2M3tn_zP5AkL-6wNyAWtJS36uBLjR
dc.description.abstract Fandi Ahmad. NIM 15 3004 00034. Judul skripsi: “STRATEGIES OF THANKING EMPLOYED BY THE ENGLISH TEACHING DEPARTMENT STUDENTS AT IAIN BATUSANGKAR”. Jurusan Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah terbatasnya penggunaan ungkapan dalam menyampaikan thanking strategy sehingga dapat menyebabkan pragmatic failure pada mahasiswa Jurusan Tadris di IAIN Batusangkar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis thanking strategy apa saja yang digunakan oleh mahasiswa jurusan Tadris Bahasa Inggris Penelitian ini menggunakan metode descriptive quantitative, dengan menggunakan cross sectional design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 7 yang berjumlah 61 orang. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Written Discourse Completion Test (WDCT). Hasil dari validitas instrumen dengan hasil secara umum 0,96 (high), sedangkan hasil validasi dari masing-masing validator adalah 1 (high) untuk aspek pertama, 1 (high) untuk aspek kedua, 1 (high) untuk aspek ketiga, dan 0,93 (high) untuk keempat. Hasil reliability instrument adalah 0,60 (moderate agreement). Setelah itu peneliti menyebarkan WDCT via google form kepada sample. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi dari simple thanking yaitu thankyou strategy muncul 106 kali dengan persentase 21%, thanks strategy muncul 52 kali dengan persentase 10,7% dan elaborated thanking yaitu thanking intensifier strategy muncul 163 kali dengan persentase 33,4%, thanking for (reason) strategy muncul sebanyak 108 kali dengan persentase 22,1% dan thanking intensifier for (reason) strategy muncul sebanyak 18 kali dengan persentase 3,7%. Dari penjelasan di atas, strategi yang paling sering digunakan oleh responden adalah thanking intensifier yang merupakan bagian dari strategi elaborated thanking dengan total berdasarkan respon dari 61 orang responden sebanyak 163 kali digunakan dengan presentase 33,4%. Mahasiswa banyak menggunakan strategi ini karna strategi adalah cara termudah dan yang paling umum digunakan serta sesuai dalam situasi apapun, dengan contoh seperti kata “thankyou very much, thankyou so much”.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.source https://drive.google.com/uc?export=view&id=1AEn2M3tn_zP5AkL-6wNyAWtJS36uBLjR
dc.subject mengajar bahasa inggris
dc.subject.ddc 420.7
dc.subject.ddc 420.7
dc.title STRATEGIES OF THANKING EMPLOYED BY THE ENGLISH TEACHING DEPARTMENT STUDENTS AT IAIN BATUSANGKAR
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Jurusan PENDIDIKAN (TADRIS) BAHASA INGGRIS Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku