Abstract:
Yulasni. NIM 16 301 04 081. Judul skripsi: “STUDENTS’ PERCEPTION TOWARD THE USE OF IELTS APPLICATION IN LISTENING FOR DIALOGUE OF ACADEMIC LIFE”. Jurusan Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya beragam persepsi mahasiswa terhadap penggunaan Aplikasi IELTSyang digunakan oleh dosen dalam matakuliah listening for dialogue academic life. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap penggunaan Aplikasi IELTS pada Tadris Bahasa Inggris di IAIN Batusangkar tahun ajaran 2019/2020.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian descriptive quantitative, Dengan menggunakan desain Cross sectional design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Tadris Bahasa Inggris yang mengambil mata kuliah Listening for Dialogue of Academic Life pada semester 4 terdaftar2019/2020 yang berjumlah 73 orang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik Random sampling. Dalam pengumpulan data, instrumen yang digunakan yaitu lembaran angket yang berisi tentang persepsi mahasiswa tentang pembelajaran penggunaan Aplikasi IELTS di dalam mata kuliahListening for Dialogue of Academic Life.Dari seluruh populasi yang ada, diambil secara acak 42 orang sebagai sampel dan 15 orang sebagai sebagai kelompok tried out. Setelah angket diuji cobakan didapatlah 30 item yang valid, dan 10 item yang tidak valid. Selanjutnya angket kemudian dibagikan kepada 42 orang sampel penelitian untuk mengumpulkan data.
Setelah data di analisis, didapatkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap penggunaanApplikasi IELTSyang digunakan oleh dosen di mata kuliah Listening for Dialogue of Academic Life adalah sangat positifdan positive dengan persentase (38,10%). Jika dilihat dari masing-masing komponent dari persepsi maka dapat digambarkan sebagai berikut. Pertama, persepsi pengetahuan (cognitive) mahasiswa terhadap penggunaanApplikasi IELTSadalah sangat positive dengan persentase (97,6 %) and totalscore 178,98. Kedua, persepsi emosional (affective) mahasiswa terhadap tugas penggunaan penggunaan Applikasi IELTSadalah sangat positive dengan persentase(40,4%),dan total score 176,51. Dan persepsi kecendrungan (conative) mahasiswa terhadap penggunaan penggunaan Applikasi IELTSdalam mata kuliah Listening for Dialogue of Academic Life adalah sangat positive dengan persentase(54,7 %), dan total score 181,01.