Publikasi IAIN Batusangkar

JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) BATUSANGKAR 2020

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author RANTI WAHYUNI
dc.date.accessioned 2021-02-24T01:22:52Z
dc.date.available 2021-02-24T01:22:52Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2020-12-10
dc.identifier.isbn 14 105 061
dc.identifier.isbn 14 105 061
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22000645
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1LqhF2d_wMW8ZcLOYKvxjnErJZM657IXk
dc.description.abstract RANTI WAHYUNI ,NIM 14 105 061,JudulSkripsi“PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN PENYELESAIAN MASALAH UNTUK SISWA KELAS VIII MTsS MUHAMMADIYAH TANJUNG BONAI”Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2020. Permasalahan dalam penelitian ini adalah berawal dari ketidaktercapaian tujuan pembelajaran mateamatika untuk ranah kognitif dan salah satu penyebabnya kurangnya minat belajar peserta didik, kurangnya kemampuan pemahaman peserta didik dalam penyelesaian masalah. Media yang ada tidak digunakan secara maksimal. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti melakukan penelitian pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) matematika model team games tournament (TGT) terhadap kemampuan penyelesaian masalah untuk siswa kelas VIII MTsS Muhammadiyah Tanjung Bonai. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan 4-D (define, design, develop, dan desseminate). Rancangan pada penelitian ini terdiri dari 3 tahap saja yaitu (1) tahap pendefinisian (define) dilakukan untuk mendapatkan gambaran umum di sekolah, mengenai bagaimana proses pembelajaran, kendala yang dihadapi di dalam kelas dan karakteristik siswa. Kegiatan dimulai dari wawancara, menganalisis media pembelajaran yang dipakai guru matematika di kelas VIII MTsS Muhammadiyah Tanjung Bonai sebagai sumber belajar siswa dan mereview lembar kerja peserta didik (LKPD) model Team Games Tournament (TGT) yang digunakan di sekolah tersebut. Tahap design, hasil dari (2) tahap define digunakan untuk merancang LKPD pada materi bangun ruang sisi datar. Adapun tahapnya yakni pembuatan bagan alur Penyusunan desain produk secara keseluruhan (story board), Pengumpulan objek rancangan berupa teks materi, soal dan jawaban sesuai dengan rancangan produk, pembuatan background dan pengumpulan gambar yang sesuai dengan produk. Setelah semua bahan terkumpul kemudian disatukan menjadi kesatuan yang utuh untuk dibentuk dalam satu lembar kerja peserta didik (LKPD) model Team Games Tournament (TGT), (3) tahap develop, untuk melihat validitas dan praktikalitas terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi terhadap lembar kerja peserta didik (LKPD) model Team Games Tournament(TGT) pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII yang telah dirancang adalah valid memperoleh rata-rata persentase 75% .
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.source https://drive.google.com/uc?export=view&id=1LqhF2d_wMW8ZcLOYKvxjnErJZM657IXk
dc.subject Matematika Pendidikan
dc.subject.ddc 510.07
dc.subject.ddc 510.07
dc.title JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) BATUSANGKAR 2020
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Jurusan PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku