Publikasi IAIN Batusangkar

ANALISIS PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMPN 5 BATUSANGKAR DALAM MELAKUKAN TRANSLASI MATEMATIS DARI REPRESENTASI GRAFIK KE REPRESENTASI SIMBOLIK PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author DATIA PRAMITA
dc.date.accessioned 2021-02-24T01:22:57Z
dc.date.available 2021-02-24T01:22:57Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2020-12-10
dc.identifier.isbn 1630105009
dc.identifier.isbn 1630105009
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22000642
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1iMLXYawPB5nSXjDptOHYsvdK4zPlF5us
dc.description.abstract DATIA PRAMITA, NIM 1630105009, Judul Skripsi : “Analisis Pemahaman Matematis Peserta Didik SMPN 5 Batusangkar dalam Melakukan Translasi Matematis dari Representasi Grafik ke Repesrentasi Simbolik pada Materi Persamaan Garis Lurus”. Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya translasi matematis bagi peserta didik agar tercapainya tujuan pembelajaran matematika, namun masih banyak peserta didik yang belum paham dalam melakukan translasi matematis tersebut. Hal ini disebabkan oleh kurang diperhatikannya proses dari translasi tersebut. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah pemahaman matematis peserta didik SMPN 5 Batusangkar dalam melakukan translasi matematis dari representasi grafik ke representasi simbolik pada materi persamaan garis lurus. Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui jenis pemahaman yang dilakukan oleh peserta didik dalam melakukan translasi matematis dari representasi grafik ke representasi simbolik. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah kualitatif untuk mendapatkan data-data dari permasalahan yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah tes dan wawancara. Pengolahan data dilakukan secara deskriptif kualitatif, kemudian diuraikan serta melakukan klasifikasi terhadap aspek masalah tertentu dan memaparkan melalui kalimat yang efektif. Dari penelitian yang penulis lakukan dilapangan dapat disimpulkan bahwa pemahaman translasi matematis dari representasi grafik ke representasi simbolik adalah pemahaman yang dimiliki oleh peserta didik dalam melakukan proses perubahan dari bentuk representasi grafik ke bentuk representasi simbolik dalam melakukan proses translasi. Pemahaman translasi matematis dari representasi grafik ke representasi simbolik yang dilakukan oleh peserta didik terdapat tiga jenis pemahaman yaitu 1) Pemahaman translasi instrumental dimana peserta didik menyelesaikan tugas translasi matematis sesuai rumus yang ada tanpa memahaminya. 2) Pemahaman translasi fungsional dimana peserta didik mengkaitkan suatu konsep dalam menyelesaikan tugas translasi matematis serta memahami maksudnya. 3) Pemahaman translasi induktif dimana peserta didik menyelesaikan tugas translasi matematis dengan memisalkan suatu permasalahan serta menyelesaikannya dengan perhitungan yang sederhana. Ketiga pemahaman tersebut dapat diketahui pada proses translasi yakni pada tahap koordinasi awal yang dilakukan oleh peserta didik dalam menyelesaikan tugas translasi matematis.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.source https://drive.google.com/uc?export=view&id=1iMLXYawPB5nSXjDptOHYsvdK4zPlF5us
dc.subject Matematika Pendidikan
dc.subject.ddc 510.07
dc.subject.ddc 510.07
dc.title ANALISIS PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMPN 5 BATUSANGKAR DALAM MELAKUKAN TRANSLASI MATEMATIS DARI REPRESENTASI GRAFIK KE REPRESENTASI SIMBOLIK PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Jurusan PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku