Abstract:
Febri Hidayat, NIM: 1630105054, Judul Skripsi “Validasi Mobile
Pocket Book Berbasis pendekatan Realistic Mathematic Education (RME)
Pada Materi Himpunan Kelas VII”, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar
2020.
Permasalahan pada penelitian ini adalah sumber belajar yang digunakan
dalam pembelajaran masih sulit untuk dipahami oleh peserta didik. Selain itu
disekolah tidak ada sumber belajar selain buku paket kurikulum 2013 revisi 2017.
Peserta didik cenderung masih tidak fokus terhadap materi yang disampaikan oleh
guru. Guru masih kurang memanfaatkan penggunaan media dan sumber belajar
yang ada untuk membantu peserta didik dalam memahami materi pelajaran
Ditambah lagi kondisi saat ini yaitunya Coronavirus disease (Covid-19) yang
menyerang negara kira sehingga berdampak pada pendidikan di Indonesia yang
menyebabkan pembelajaran di sekolah harus terhenti dan digantikan dengan
pembelajaran daring. Dalam pembelajaran daring yang dilakukan oleh guru hanya
memberikan tugas kepada peserta didik dengan buku sumber buku siswa
kurikulum 2013 revisi 2017. Hal ini ditakutkan dapat membuat peserta didik
kesulitan dalam memahami materi pelajaran. Dalam permasalahan tersebut
peneliti membuat sebuah Mobile Pocket Book untuk membantu proses
pembelajaran, agar Mobile Pocket Book dapat membantu peserta didik dalam
melakukan kegiatan pembelajaran matematika dan mempermudah peserta didik
dalam memahami materi pelajaran. Salah satunya adalah sumber belajar berupa
Mobile Pocket Book yang memuat pendekatan Realistic Mathematic Education
(RME). Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk Mobile Pocket
Book berbasis pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada materi
Himpunan yang valid.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Rancangan
penelitian pengembangan terdiri dari 3 tahap yaitu (1) tahap define
(pendefenisian), dalam tahap ini dilakukan wawancara dengan guru dan peserta
didik, analisis silabus, analisis sumber belajar, mereview literatur tentang Mobile
Pocket Book dan analisis karakteristik peserta didik, (2) tahap design
(perancangan), hasil dari tahap define digunakan untuk merancang design Mobile
Pocket Book berbasis pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada
materi Himpunan. Hasil dari tahap design dilanjutkan dengan (3) tahap develop
(pengembangan). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar
validasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan persentase
uji validitas.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan Mobile Pocket Book berbasis
pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) yang dirancang telah valid.
hasil uji validitas Mobile Pocket Book yang diperoleh adalah 75% dengan kategori
valid.