Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | FEBRI HIDAYAT | |
dc.date.accessioned | 2021-02-24T01:22:59Z | |
dc.date.available | 2021-02-24T01:22:59Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2020-12-10 | |
dc.identifier.isbn | 15300500017 | |
dc.identifier.isbn | 15300500017 | |
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.22000641 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | https://drive.google.com/uc?export=view&id=10QnXUdViGdFmJF_Ju2IdmRXNjN4PBZQz | |
dc.description.abstract | Febri Hidayat, NIM: 1630105054, Judul Skripsi “Validasi Mobile Pocket Book Berbasis pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Pada Materi Himpunan Kelas VII”, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2020. Permasalahan pada penelitian ini adalah sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran masih sulit untuk dipahami oleh peserta didik. Selain itu disekolah tidak ada sumber belajar selain buku paket kurikulum 2013 revisi 2017. Peserta didik cenderung masih tidak fokus terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Guru masih kurang memanfaatkan penggunaan media dan sumber belajar yang ada untuk membantu peserta didik dalam memahami materi pelajaran Ditambah lagi kondisi saat ini yaitunya Coronavirus disease (Covid-19) yang menyerang negara kira sehingga berdampak pada pendidikan di Indonesia yang menyebabkan pembelajaran di sekolah harus terhenti dan digantikan dengan pembelajaran daring. Dalam pembelajaran daring yang dilakukan oleh guru hanya memberikan tugas kepada peserta didik dengan buku sumber buku siswa kurikulum 2013 revisi 2017. Hal ini ditakutkan dapat membuat peserta didik kesulitan dalam memahami materi pelajaran. Dalam permasalahan tersebut peneliti membuat sebuah Mobile Pocket Book untuk membantu proses pembelajaran, agar Mobile Pocket Book dapat membantu peserta didik dalam melakukan kegiatan pembelajaran matematika dan mempermudah peserta didik dalam memahami materi pelajaran. Salah satunya adalah sumber belajar berupa Mobile Pocket Book yang memuat pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk Mobile Pocket Book berbasis pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada materi Himpunan yang valid. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Rancangan penelitian pengembangan terdiri dari 3 tahap yaitu (1) tahap define (pendefenisian), dalam tahap ini dilakukan wawancara dengan guru dan peserta didik, analisis silabus, analisis sumber belajar, mereview literatur tentang Mobile Pocket Book dan analisis karakteristik peserta didik, (2) tahap design (perancangan), hasil dari tahap define digunakan untuk merancang design Mobile Pocket Book berbasis pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada materi Himpunan. Hasil dari tahap design dilanjutkan dengan (3) tahap develop (pengembangan). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan persentase uji validitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan Mobile Pocket Book berbasis pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) yang dirancang telah valid. hasil uji validitas Mobile Pocket Book yang diperoleh adalah 75% dengan kategori valid. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.source | https://drive.google.com/uc?export=view&id=10QnXUdViGdFmJF_Ju2IdmRXNjN4PBZQz | |
dc.subject | Matematika Pendidikan | |
dc.subject.ddc | 510.07 | |
dc.subject.ddc | 510.07 | |
dc.title | VALIDASI MOBILE POCKET BOOK BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII | |
dc.type | Skripsi |