Publikasi IAIN Batusangkar

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 1 SUNGAI TARAB DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author RIRI NOVRIA DONI
dc.date.accessioned 2021-02-24T01:23:02Z
dc.date.available 2021-02-24T01:23:02Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2020-12-10
dc.identifier.isbn 15300500060
dc.identifier.isbn 15300500060
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22000640
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1NRXhK5tjHPZ_PJnn1kXDMZbcnAKJ74la
dc.description.abstract Riri Novria Doni, NIM. 153005000 Judul Skripsi “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sungai Tarab Dalam Memecahkan Masalah Matematika”, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, permasalahan ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Sungai Tarab memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang rendah. Rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa disebabkan karena siswa tidak mengikuti proses pembelajaran dengan baik, ketika guru memberikan soal siswa tidak dapat mempunyai banyak ide atau gagasan dalam berbagai kategori yang beragam dan menyelesaikan masalah secara rinci. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah kualitatif. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMPN 1 Sungai Tarab, tahun ajaran 2020/2021. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data kemampuan berpikir kreatif matematis siswa diperoleh dari hasil pemberian tes berupa soal kemampuan berpikir kreatif matematis dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kemampuan berpikir kreatif matematis berpikir kreatif matematis siswa pada indikator kelancaran (fluency), siswa mempunyai kemampuan banyak ide atau gagasan dalam berbagai kategori. Keluwesan (flexibility), siswa mempunyai kemampuan ide atau gagasan yang bergam. Keaslian (originality), siswa mempunyai kemampuan ide atau gagasan baru dalam menyelesaikan persoalan. Elaborasi (elaboration), siswa mempunyai kemampuan mengembangkan ide atau gagasan untuk meenyelesaikan masalah secara rinci.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.source https://drive.google.com/uc?export=view&id=1NRXhK5tjHPZ_PJnn1kXDMZbcnAKJ74la
dc.subject Matematika Pendidikan
dc.subject.ddc 510.07
dc.subject.ddc 510.07
dc.title ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 1 SUNGAI TARAB DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Jurusan PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku