Abstract:
SELFI YOLLANTI NIM 1630108071 judul SKRIPSI “KESIAPAN
MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING TINGKAT AKHIR UNTUK
MENJADI CALON KONSELOR ISLAMI ”. Jurusan Bimbingan dan Konseling,
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Batusangkar 2020.
Pokok permasalahan dalam penulisan ini adalah mahasiswa IAIN
Batusangkar tingkat akhir khusus bimbingan dan konseling yang nantinya akan
menjadi calon konselor Islami setelah tamat dari perguruan tinggi Islam maka
mahasiswa memiliki kesiapan yang terkait dengan ilmu agama Islam serta menguasai
dalam konseling Islam. Fokus penelitian ini bagaimana kesiapan mahasiswa
bimbingan dan konseling tingkat akhir untuk menjadi calon konselor Islami,
sedangkan sub fokus penelitian adalah kesiapan calon konselor Islami dalam
menguasai materi agama Islam, kesiapan calon konselor Islami dalam menanamkan
nilai-nilai agama Islam, kesiapan calon konselor Islami mampu dalam mentransfer
kaidah-kaidah agama Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) bersifat
kualitatif dengan menggunakan deskriptif kualitatif dengan mengambil lokasi di IAIN
Batusangkar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, Teknik
analisis data dan interprestasi data ini adalah Analisis eksploratif deskriptif. Teknik
keabsahan data ini menggunakan Triangulasi sumber, Triangulasi teknik , dan
Triangulasi waktu.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Cara kesiapan calon konselor
Islami dalam menguasai materi agama Islam yang berbeda-beda, ada calon konselor
Islami menguasai materi dengan pemberbanyak mencari referensi terkait dengan ilmu
Al-quran dan hadist, aqidah dan akhlak dan ada yang memahami materi tersebut
sebelum melaksanakan konseling Islam. 2) Menanamkan nilai-nilai agama Islam
seperti dalam mengamalkan rasa syukur, ikhlas dan tawakal tiap-tiap keenam calon
konselor Islami dalam mengamalkan dengan cara memahami dan memiliki sikap
rasa syukur, ikhlas dan tawakal serta dapat menerapkan kepada konseli/peserta didik
dengan cara memberikan contoh-contoh terkait dengan materi dan berupa bercerita,
3) Mentransfer kaidah-kaidah agama Islam bagi calon konselor Islami tersebut
dengan cara banyak menguasai wawasan mengenai kaidah-kaidah agama Islam,
mengaplikasikan dengan cara memberikan contoh-contoh kepada konseli/peserta
didik dan ada yang memberikan dalam bentuk layanan.