Abstract:
YELCY EVRYA NECA NIM.1630108093, JUDUL “PENGGUNAAN
APLIKASI DALAM PEMBELAJARAAN DARING PADA MAHASISWA
SELAMA COVID 19 dan DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI
BELAJAR DI JORONG KOTO HILING”, jurusan Bimbingan dan Konseling
Faultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar
2020.
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah penggunaan aplikasi
dalam pembelajaran daring pada mahasiswa selama covid 19 dan dampaknya
terhadap motivasi belajar mahasiswa. Fokus penelitian bagaimana penggunaan
aplikasi pembelajaraan daring pada mahasiswa di perguruan tinggi selama
pandemik covid 19 dan dampak terhadap motivasi belajar, sedangkan sub
fokuspada penelitian ini adalah apa saja jenis aplikasi pembelajaran daring dan
dampak penggunaan aplikasi terhadap motivasi belajar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif
kualitatif, yaitu suatu penelitian yang berusaha mengungkapkan fenomena dengan
cara mengumpulkan data yang ada di lapangan dan menggambarkannya sesuai
dengan apa adanya melalui wawancara.Pada penelitian ini yang menjadi subyek
adalah 12 orang Mahasiswa diberbagai universitas dan institut, Teknis analisis
data dan interprestasi data ini adalah reduksi data, display data, kesimpulan dan
verifikasi data. Teknik penjamin keabsahan data ini adalah triangulasi sumber,
triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.
Hasil penelitian menunjukan bahwa :1) Jenis aplikasi yang digunakan
mahasiswa dalam pembelajaran daring antara lain menggunakan aplikasi
WhatsApp, Google Clasroom, dan Zoom. Dari ke tiga aplikasi tersebut terdapat
kelebihan dan kekurangan dalam penggunaan aplikasi tersebut pada saat proses
pembelajaran daring selama covid 19. 2) Motivasi mahasiswa saat pembelajaran
daring sering terganggu diakibatkan jaringan yang sering error dan terputus-putus
yang menyebabkan mahasiswa tidak fokus untuk mengikuti perkuliahan dan
susahnya dalam pengiriman tugas yang membuat mahasiswa malas mengerjakan
tugas secara tepat waktu.