Abstract:
Maryuni, NIM: 1630105029, Judul Skripsi “Pengembangan Modul Matematika Berbasis Android Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII Siswa SMP N 1 Tanjung Emas”, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2021.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah permasalahan yang ditemukan di SMP N 1 Tanjung Emas, yaitu minimnya sumber belajar yangdigunakan dalam proses pembelajaran. Kondisi pada saat sekarang ini yaitu adanya wabah covid-19 yang menyebabkan proses pembelajaran tidak dapat secara langsung dan diganti dengan pembelajaran secara daring (dalam jaringan) atau secara online.Dalam proses pembelajaran daring yang terjadi pada saat ini, guru hanya memberikan materi pembelajaran yang sedang berlangsung dan dikirim ke grup WhatsApp, dan setelah itu guru langsung memberikan latihan kepada siswa. Kemudian guru juga menjelaskan bahwa sumber belajar yang ada di sekolah tersebut masih belum mampu mengayomi bagaimana karakteristik siswa yang sesungguhnya, akibatnya belum menjangkau pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan oleh guru tersebut. Dengan permasalahan tersebut peneliti disini mengembangkan sebuah moduluntuk membantu proses pembelajaran, dengan adanya modul bisa membantu guru dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah modul berbasis android pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) untuk siswa SMP/MTs yang valid dan praktis.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Rancangan penelitian pengembangan terdiri dari 3 tahap yaitu (1) tahap define (pendefenisian), dalam tahap ini dilakukan wawancara dengan guru dan peserta didik, analisis silabus, analisis sumber belajar, mereview literatur tentang modul, (2) tahap design (perancangan), hasil dari tahap define digunakan untuk merancang design modul matematika berbasis android. Hasil dari tahap design dilanjutkan dengan (3) tahap develop (pengembangan). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi dan lembar praktikalitas.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa modul matematika berbasis android valid dan praktis. Berdasarkan penilaian validator, modul pembelajaran matematika berbasis android dikategorikanvalid, dengan rata-rata kevalidannya 72,77%. Berdasarkan penilaian siswa modul pembelajaran matematika berbasis androiddikategorikan sangat praktis dengan memproleh rata-rata nila 80.8%. Modul