Abstract:
MULATUL AINI, NIM 17 301 030 42 Judul Skripsi “Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMAN 1 Salipaung Kabupaten Tanah Datar”. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.
Pokok permasalahan dari penelitian dalam SKRIPSI ini adalah melihat bagaimana manajemen pendidikan karakter yang dilakukan oleh SMAN 1 Salimpaung dalam meningkatkan mutu pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan juga pengawasan pendidikan karakter dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 1 Salimpaung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan manajemen pendidikan karakter baik perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan juga pengawasan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 1 Salimpaung Kabupaten Tanah Datar. Kemudian dilihat dari sifatnya penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu berupa mengungkapkan serta menggambarkan kembali kejadian yang terjadi dilapangan mengenai manajemen pendidikan karakter dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 1 Salimpaung Kabupaten Tanah Datar. Sumber data pada penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk melihat keabsahan datanya, peneliti menggunakan Triagulasi.
Berdasasarkan hasil penelitian Manajemen Pendidikan Karakter dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan yang penulis lakukan di SMAN 1 Salimpaung Kabupaten Tanah datar bahwasannya SMAN 1 Salimpaung sudah menerapkan manajemen pendidikan karakter dalam meningkatkan mutu pendidikan yang dapat dilihat dari proses manajemen yang dilakukan :(1) perencanaan pendidikan karakter siswa di SMAN 1 Salimpaung Kabupaten Tanah Datar dilakukan melalui 3 proses. Pertama, menentukan tujuan pendidikan karakter. Kedua, menyusun program atau kegiatan- kegiatan sekolah. Ketiga, mengintegrasikan nilai- nilai karakter; (2) pengorganisasian pendidikan karakter SMAN 1 Salimpaung Kabupaten Tanah Datar dilaksanakan dengan pembagian tugas dan penanggung jawab kegiatan atau program; (3) pelaksanaan pendidikan karakter di SMAN 1 Salimapung Kabupaten Tanah Datar dilakukan melalui 4 proses. Pertama mengintegrasikan nilai- nilai karakter pada seluruh mata pelajaran. Kedua mengintegrasikan nilai- nilai karakter dalam kegiatan sehari- hari sekolah. Ketiga mengintegrasikan nilai-nilai- nilai pada kegiatan yang diprogramkam oleh sekolah. keempat membangun komunikasi dan kerjasama antara sekolah dan orang tua peserta didik. (4) Pengawasan terdiri dari (pengamatan perilaku peserta didik) dan penskoran yang terdapat dalam buku tata tertib peserta didik.