Abstract:
MERI ZAPUTRI, NIM. 1630108038, JUDUL: “DAMPAK KECANDUAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PERILAKU BELAJAR MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING DI IAIN BATUSANGKAR”. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar tahun 2021.
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah dampak kecanduan media sosial TikTok terhadap perilaku belajar mahasiswa, yaitu media sosial TikTok adalah sebuah media audio visual. Media ini berupa video dan foto yang dibuat dengan disandingkan berbagai musik. Media ini adalah sebuah media yang menyebarluaskan berbagai kreatifitas dan keunikan setiap penggunanya. Media sosial TikTok merupakan sebuah aplikasi media sosial online berbasis video yang memberikan special effects unik dan menarik yang dapat digunakan penggunanya dengan mudah sehingga dapat membuat video pendek dengan hasil yang keren dan terbaru yang memiliki banyak pengguna. Media sosial ini dapat membuat pengguna (mahasiswa) merasa senang, karena video yang mereka buat dengan alunan berbagai music trend dan kekinian. Dengan menggunakan media sosial TikTok setiap penggunanya pun tidak bisa melihat dan menggunakan aplikasi TikTok hanya sekali dua kali saja karena begitu senangnya mereka dengan menggunakan media sosial TikTok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak kecanduan media sosial TikTok terhadap prilaku belajar mahasiswa IAIN Batusangkar.
Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah mahasiswa Bimbingan dan Konseling tahun akademik 2019/2020 yang kecanduan aplikasi Tik Tok.
Berdasarkan hasil analisis wawancara dan tujuan peneliti dapat diperoleh informasi mengenai dampak kecanduan media sosial Tik Tok terhadap perilaku belajar mahasiswa IAIN Batusangkar dengan kesimpulan sebagai berikut : 1) Dalam proses perkuliahan mahasiswa menggunakan apliksi Tik Tok sebagai media hiburan yang digunakan ketika di waktu luang. Hal tersebut menjadikan sikap mahasiswa merasa malas dan perilaku mahasiswa menjadi gelisah dalam belajar. 2) Sikap mahasiswa dalam menyelesaikan tugas di rumah dimana mahasiswa sering merasa bosan, jenuh dan suntuk dalam menyelesaikan tugas yang banyak. Sehingga perilaku mahasiswa dalam menyelesaikan tugas menjadi lalai dan terlambat. Hal tesebut membuat emosional mahasiswa menjadi cemas melihat tugas yang banyak dan menumpuk. Perilaku belajar mahasiswa mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian. 3) Mahasiswa mengatur jadwal antara membuat tugas dengan bermain aplikasi Tik Tok. Ketika menghadapi ujian cara belajar sikap mahasiswa sering mengulur-ulur waktu dalam belajar. Sehingga ketika menghadapi ujian mahasiswa merasa stress dan panik.