Abstract:
DEWI KRISDAWATI, NIM.1730108013, Judul Skripsi “MOTIVASI SISWA DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN (STUDI PADA SISWA KELAS IX DI SMP IT QURRATA A’YUN)”, Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.2021. 73 Halaman
Pokok pemasalahan dalam penelitian ini banyaknya motivasi siswa yang metalarbelakangi dalam menghafal Al-Qur’an mulai dari diri sendiri, lingkungan keluarga bahkan lingkungan masyarakat yang sangat berpengaruh terhadap siswa, sehingga siswa memiliki banyak motivasi yang mendasarinya dalam menghafal Al-Qur’an
Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah jenis penelitian lapangan (descriptif research), menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan skunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis model Miles dan Huberman dan keabsahan data yaitu dengan cara triagulasi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi yang dimiliki siswa SMP IT Qurrata A’yun ada dua macam, yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik, setiap siswa tidak hanya memiliki satu motivasi saja, akan tetapi satu siswa paling minimal memiliki motivasi dua, baik itu motivasi yang bersifat yang bersifat intrinsik maupun motivasi yang bersifat ektrinsik.
Motivasi intrinsik yang dimiliki oleh siswi dalam menghafalkan al-Qur’an adalah: a) ingin menjadi orang yang mampu menjaga kitab Allah, b) ingin dapat mendalami ilmu Al Qur’an, c) ingin mendapatkan berkah dari Al Qur’an, d) ingin menjadi hafidzah. Sedangkan motivasi ekstrinsik yang dimiliki oleh siswi dalam menghafal Al Qur’an adalah: a) Dorongan dari Orang Tua, b) Dorongan dari Keluarga Besar, c) Dorongan dari Teman/Sahabat, d) Dorongan dari Guru, e) Dorongan dari Lingkungan Sekitar, f) Agar bisa Mengajarkan Masyarakat yang belum bisa Membaca Al Qur’an.