Abstract:
SISKA KRISMONITA, NIM, 1630108075, judul skripsi: PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PENINGKATAN KONSEP DIRI SISWA DI SMAN 1 SINGKARAK. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Bimbingan dan Konseling Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2021.
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah rendahnya konsep diri siswa kelas X IPS 1 di SMAN 1 Singkarak. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh bimbingan kelompok teknik role playing terhadap peningkatan konsep diri siswa. Jenis penelitian ini dengan menggunakan metode eksperiment dengan jenis pre-eksperimental design dengan tipe one group pre-test - post-test design. Sampel penelitian sebanyak 10 orang kelompok eksperimen dengan teknik analisis data menggunakan uji t
Hasil penelitian yaitu: (1) diperoleh nilai konsep diri siswa setelah diberikan treatment role playing dengan nilai rata-rata pre-test 113 point berada pada kategori sedang dan nilai rata-rata post-test 146,8 point berada pada kategori tinggi dengan selisih point 33,8. (2) terdapat pengaruh yang signifikan bimbingan kelompok teknik role playing terhadap peningkatan konsep diri siswa dengan nilai t0 8,80 > tt 2,26 Peneliti merekomendasikan kepada guru Bimbingan dan Konseling untuk dapat menerapkan bimbingan kelompok melalui teknik role playing terhadap peningkatan konsep diri siswa.