Abstract:
Raniz Amri,NIM 15300900042 judul skripsi”Pemanfaatan Lingkungan Belajar Outdoor Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Disekolah Alam TKIT Ar-Royyan Pagambiran Ampalu Nan XX Kec. Lubuk Begalung Kota Padang.” Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri(IAIN) Batusangkar.
Pokok dari permasalahan dalam penelitian ini adalah, keunggulan lingkungan belajar outdoor pemanfaatan lingkungan belajar outdoor dalam mengembangkan motorik kasar anak disekolah alam TKIT Ar-Royyan Pagambiran Ampalu Nan XX Kec. Lubuk Begalung Kota Padang. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan belajar outdoor dalam mengembangkan motorik kasar anak disekolah alam TKIT Ar- Royyan Pagambiran Ampalu Nan XX Kec. Lubuk Begalung Kota Padang.
Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan (field research) menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif,untuk mendapatkan data-data permasalahan yang diteliti. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara dan dokumentasi serta teknik keabsahan data peneliti menggunakan Trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) lingkungan belajar outdoor Sekolah Alam TKIT Ar-Royyan Pagambiran Ampalu Nan XX Kec. Lubuk Begalung Kota Padang dengan area outdound bagi anak. Guru-guru sudah mempersiapkan alat dan bahan pembelajaran sebelum pembelajaran outdoor dilakukan. Fasilitas yang ada lingkungan belajar outdoor yaitu kolam renang, terowongan, tangga pelangi, lapangan bola, kolam lumpur, fflaying foxs, kolam ikan, dan ayunan. (2) Pemanfaatan lingkungan belajar outdoor, dalam mengembangkan motorik kasar anak sudah digunakan dengan baik oleh guru- guru. Contohnya kolam renang, terowongan, tangga pelangi,lapangan bola, kolam ikan, kolam lumpur, flaying foxs dan ayunan.