Abstract:
DIAH AYU RAHMADANI. NIM, 1630103016, Judul Skripsi : Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Online di SMK Negeri 2 Padang Panjang. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2021.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Penerimaan Peserta Didik Berbasis Online pada tahun 2020 ini adalah PPDB Online yang terpanjang karena membutuhkan waktu selama satu bulan, karena jaringan atau situs nya yang tidak bisa dibuka. Beberapa penyimpangan juga terjadi yang antara lain adanya peserta didik yang bisa menempati kursi kosong meski proses pembelajaran sudah berjalan seminggu. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mendiskripsikan dan menganalisis pelaksanaan penerimaan peserta didik baru berbasis online di SMK Negeri 2 Padang Panjang.
Penelitian merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode penelitiannya yaitu metode fenomenalogi. Instrumen penelitiannya yaitu pedoman wawancara. Sumber data penelitian ini yaitu ada dua yang pertama data primer terdiri dari kepala sekolah, wakil kesiswaan, wakil sapras, dan panitia. Yang kedua data sekunder dalam penelitian ini di peroleh dari : dokumen, rekaman, dan termasuk hasil pengamatan langsung(observasi) penulis. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di lapangan tentang pelaksanaan penerimaan peserta didik baru berbasis online yang terdiri diantaranya:
(1) Perencanaan penerimaan peserta didik baru ialah sebuah rencana sebelum di lakukan nya pelaksanaan penerimaan peserta didik. Karena segala sesuatu yang akan dilaksanakan harus adanya perencanaan yang jelas agar tujuan yang diinginkan tercapai dan berjalan dengan semestinya. Perencanaan PPDB online secara langsung memberikan informasi terkait kuatitas pendaftaran, kualitas pendaftaran, peringkat pendaftaran, daya tampung yang dapat diakses melalui website. (2) Pelaksanaan penerimaan peserta didik baru secara online berjalan dengan efektif dan efesien. Akan tetapi dalam proses pelaksanaan penerimaan peserta didik online masih ada berapa hal yang harus diperhatikan seperti server yang tidak bisa dibuka sehingga menghambat pelaksanaan penerimaman peserta didik baru secara online. (3) Tahapan Penerimaan peserta didik baru berbasis online sudah teratur dengan baik dan sistematis sehingga memudahkan bagi peserta didik untuk melakukan pendaftaran melalui website yang telah diberikan kepada peserta didik baru. (4) Evaluasi PPDB online yang dilakukan pihak dinas berupa mengevaluasi hasil laporan PPDB dari pihak sekolah yang memuat rencana peserta didik yang diterima/daya tampung tiap sekolah, jumla pendaftar, dan peserta didik yang diterima.