Abstract:
YENNI NURLITA, NIM: 14109090, Judul Skripsi: PENGARUH PERMAINAN KOOPERATIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK ISLAM HARAPAN IBU LIMA KAUM, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2021.
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya peningkatan kemampuan sosial emosional untuk anak usia dini. Hal ini dibuktikan dengan anak yang pada awalnya masih asik main sendiri tanpa menghiraukan lingkungan sekitar, ada anak yang mau menang sendiri dan cepat marah, ada anak yang tidak mau bergabung dengan kelompoknya, ada yang mau bergabung tetapi tidak mau mengerjakan, ada yang mengerjakan tetapi tidak ada berbicara atau berkomunikasi dengan teman yang lainnya, ia hanya asik dengan tugasnya sendiri dengan meningkatan kemampuan sosial emosional anak usia dini perlu diterapkan dan ditingkatkan lagi, salah satu cara meningkatan kemampuan sosial emosional adalah dengan menggunakan permainan kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan kooperatif dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia dini di TK Islam Harapan Ibu Lima Kaum.
Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah kuantitatif atau penelitian lapangan, metode penelitian yang penulis gunakan yaitu metode eksperimen, metode ini menggunakan dua variabel atau lebih atau mencari pengaruh suatu variabel dengan variabel lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh permainan kooperatif dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia dini. Populasi berjumlah 54 orang, teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster sampling teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur anggota populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. sehingga jumlah sampel yang di dapat sebanyak 13 orang. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan melalui lembaran observasi. Pengolahan data dilakukan secara deskriptif kuantitatif.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh permainan kooperatif dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia dini, hal tersebut dapat di lihat berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh pretest rata-rata adalah 17,30 dan hasil posttest rata-ratanya yaitu 34,15. Dari hasil penelitian menunjukkan hipotesis diterima dengan taraf signifikan adalah 5%. Dengan demikian, terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest setelah dilakukan treatment. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukan bahwa hipotesis alternative (Ha) terdapat pengaruh permainan kooperatif dalam meningkatkan sosial emosional anak usia dini di TK Islam Harapan Ibu Lima Kaum (Ho) tidak terdapat pengaruh permainan kooperatif dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia dini di TK Islam Harapan Ibu Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar.