Abstract:
Melianti, NIM 1630101103 (2016) Judul Skripsi “Persepsi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Information And Communication Technologies Di SMPN 2 Batusangkar”. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar tahun 2021.
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah persepsi guru Pendidikan Agama Islam dalam menggunakan media pembelajaran berbasis Information And Communication Technologies di SMPN 2 Batusangkar. Guru berpersepi dengan adanya media berbasis Information And Communication Technologies sangat terbantu dan memudahkan dalam proses belajar mengajar, siswa juga tertarik dan senang. Tetapi di dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan media teknologi belum dapat diakukan secara maksimal. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru Pendidikan Agama Islam dalam menggunakan media pembelajaran berbasis Information And Communication Technologies di SMPN 2 Batusangkar dan apa saja kendala Guru Pendidikan Agama Islam dalam menggunakan media pembelajaran berbasis Information And Communication Technologies di SMPN 2 Batusangkar. Adapun kegunaan penulis skripsi ini adalah sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan terkait dengan persepsi guru Pendidikan Agama Islam dalam menggunakan media pembelajaran berbasis Information And Communication Technologies.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Sedangkan sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Batusangkar yang berjumlah 3 orang. Sedangkan data sekunder didapatkan dari wakil kepala sekolah serta majlis guru di SMPN 2 Batusangkar. Teknik pengumpulan data menggunakan cara yaitu wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan di lapangan bahwa terkait persepsi guru Pendidikan Agama Islam dalam menggunakan media pembelajaran berbasis Information And Communication Technologies di SMPN 2 Batusangkar yaitu dapat disimpulkan bahwa persepsi guru Pendidikan Agama Islam dalam penggunaan media pembelajaran berbasis Information and ommunication Technologies yaitu dapat memudahkan kegiatan guru dalam proses belajar mengajar, dapat memberikan pengalaman yang nyata (yang abstrak dapat menajadi konkrit), lebih efektif dan efesien untuk mencapaikan tujuan pembelajaran akan tetapi terkadang menggunakan media sangat dapat memudahkan kita dalam komunikasi tetapi juga memiliki kelemahan sendiri, dan memiliki kendala terbatas sarana dan prasarana yang mendukung dalam menggunakan media Information And Communication Technologies serta guru belum mampu dalam keterampilan mengintegrasikan media pembelajaran berbasis Information And Communication Technologies serta dari segi waktu sebelum penyajian materi yang kurang.