Publikasi IAIN Batusangkar

PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERLEARNING TER-INTEGRASI AL-QURAN UNTUK SISWA KELAS VII MTsS MUHAMMADIYAH BATUSANGKAR

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author Yesti Nora
dc.date.accessioned 2021-05-24T07:06:41Z
dc.date.available 2021-05-24T07:06:41Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2021-04-28
dc.identifier.isbn
dc.identifier.isbn NIM.15300500079
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22100090
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1CALb6E-r74ELx4K7M30rTadgofSC2114
dc.description.abstract Yesti Nora, NIM. 15300500079, Judul Skripsi “Pengembangan Modul Matematika Berbasis Discoverylearning terintegrasi Al-Quran untuk Siswa Kelas VII Mts S Muhammadiyah Batusangkar”, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2021. Penelitian ini bertolak dari permasalahan di sekolah yaitu sumber belajar yang ada belum memadai dan belum sesuai dengan visi misi sekolah. Sumber belajar yang ada juga belum memadukan materi pembelajaran yang dibahasnya dengan masalah-masalah atau isu-isu yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari peserta didik, serta belum ada pengintegrasian materi pelajaran dengan unsur-unsur Al-Quran. Adapun tujuan penelitian ini secara umum adalah menghasilkan produk berupa modul matematika terintegrasi Al-Quran berbasis Discovery Learning yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan. Rancangan penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan 4-D menurut Thiagarajan yaitu terdiri dari 4 tahap; 1) tahap define (pendefenisian) dilakukan untuk mengetahui kondisi awal di lapangan; 2) tahap design (perancangan) dilakukan untuk menyiapkan rancangan pruduk berupa modul yang akan dikembangkan; 3) tahap develop (pengembangan) dilakukan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas dari modul; 4) tahap disseminate (penyebaran) yaitu tahap penggunaan modul yang telah dikembangkan pada skala yang lebih luas. Namun pengembangan ini hanya sampai pada tahap develop (pengembangan) dan tahap keempat tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs S Muhammadiyah Batusangkar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi untuk uji validitas, angket respon peserta didik untuk uji praktikalitas,. Teknik analisis data dalam penelitian ini pada tahap validitas dan, praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Modul matematika berbasis Discovery Learning terintegrasi Al-Quran yang dirancang telah valid dengan hasil validitas 87,50 %; 2) Modul matematika modul matematika berbasis Discovery Learning terintegrasi Al-Quran telah praktis dengan hasil praktikalitas 65,89 %.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Matematika-Pendidikan
dc.subject.ddc 510.07
dc.subject.ddc 510.07
dc.title PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERLEARNING TER-INTEGRASI AL-QURAN UNTUK SISWA KELAS VII MTsS MUHAMMADIYAH BATUSANGKAR
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Jurusan PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku